alexametrics

Bikin Hoax dengan Video Puting Beliung Lawas

10 Januari 2020, 09:13:49 WIB

JawaPos.com – Rekaman video angin puting beliung mendadak heboh di WhatsApp kemarin. Rekaman peristiwa tersebut disertai keterangan bahwa terjangan angin kencang itu terjadi di Madiun, Jawa Timur. ”Madiun pkl 17.15 wib,” begitu keterangannya.

Video serupa beredar di Facebook. Salah satu yang mengunggahnya adalah pengelola halaman Video Mantull (bit.ly/BeliungMadiun) pada 7 Januari 2020. Disebutkan bahwa video amatir tentang puting beliung di Madiun itu berasal dari warga sekitar. Tampak beberapa atap bangunan beterbangan dan terdengar teriakan-teriakan ketakutan.

Terkait video itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo menyangkal bahwa peristiwa itu terjadi di Madiun. ”Hoax. Itu kejadian tahun 2017,” kata Agus kepada Jawa Pos kemarin (8/1).

Hasil pencarian dengan situs padanan gambar menunjukkan bahwa video yang sama pernah diunggah mantan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Saat itu Sutopo memberikan keterangan bahwa angin puting beliung dalam video itu merupakan kejadian di Pemalang, Jawa Tengah, pada 31 Desember 2017. Anda bisa melihatnya di bawah ini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c10/fat


Close Ads