alexametrics

Penertiban Tambang Ilegal, Bukan Bentrokan Tentara Tiongkok vs TNI

5 Juli 2022, 05:48:22 WIB

INFORMASI yang berkaitan dengan Tiongkok masih tersebar di media sosial. Salah satunya lewat video yang disebut-sebut memperlihatkan ketegangan antarpasukan. Katanya, ketegangan itu terjadi antara tentara Tiongkok dan aparat TNI.

’’Tentara Cina sdh mulai beraksi kang sdh berani melawan tentara kita krn dia sdh membawa senjata perorangan….mulai beraksi dari kelompok kecil,’’ tulis akun Facebook Zafril Yamani beberapa hari lalu. Selain itu, tentara Tiongkok disebut tengah mengamankan aset-aset, contohnya kelapa sawit.

’’Itu alasannya tp sebenarnya ingin menunjukkan bahwa tentara cina ingin menguasai wilayah,’’ bunyi keterangan selanjutnya (bit.ly/TentaraTiongkok).

Jika menyaksikan video itu dengan saksama, tentu tak akan mudah terkecoh dengan informasi tanpa sumber yang jelas. Terlebih, tidak ada bahasa Mandarin dalam percakapan di video tersebut. Video serupa pernah diunggah oleh beberapa media kredibel di YouTube. Namun, tak ada satu pun yang menyebutkan bahwa tentara Tiongkok tengah melawan TNI.

Dari hasil penelusuran, situasi dalam video itu berkaitan dengan tambang ilegal yang tengah ditindak oleh aparat gabungan kepolisian dan TNI. Video tersebut berjudul Warga Bela Pelaku Tambang Ilegal, Nyaris Bentrok dengan Polisi dan TNI. Anda dapat melihat ulasan kanal YouTube Tribun Timur di bit.ly/AmankanPenambangIlegal.

Video itu sekilas memperlihatkan dua instansi keamanan antara TNI dan Polri yang bersitegang satu dengan yang lain. Meski begitu, Kapolres Pidie AKBP Padli tak membenarkan adanya selisih paham TNI-Polri. Kapolres Pidie AKBP Padli dan Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd Jamal Husin telah menggelar silaturahmi di Makodim Pidie. ’’Situasi di wilayah Pidie sangat kondusif pasca penghadangan oleh warga saat penertiban tambang ilegal di Geumpang,’’ jelas Padli.

Kabidhumas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan, kejadian tersebut bermula saat polisi hendak menindak penambangan emas ilegal di Pegunungan Bangkeh Km 21, Kecamatan Geumpang, Pidie.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/jun

Saksikan video menarik berikut ini: