alexametrics

10 Jenis Zakat Mal yang Wajib Dilakukan di Luar Bulan Ramadan

25 April 2022, 17:07:19 WIB

JawaPos.com – Dalam islam, zakat bukan hanya fitrah, melainkan ada juga yang jenis disebut sebagai zakat mal. Maal dalam bahasa Arab artinya harta yang memiliki istilah segala sesuatu yang manusia sangat inginkan untuk dimiliki atau dikuasai dan dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Perbedaan mencolok antara zakat fitrah dan zakat mal terletak pada waktunya. Zakat fitrah diwajibkan hanya saat Ramadan supaya puasa tidak sia-sia. Sedangkan, tujuan berzakat mal adalah untuk membersihkan harta karena di dalamnya ada hak orang lain untuk ditunaikan saat harta sudah disimpan selama setahun (haul). Kewajiban untuk menunaikan zakat mal tertera dalam surat Al Baqarah ayat 267:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الأرْضِ وَلا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (al Baqarah : 267).

Tidak semua harta wajib dikeluarkan zakatnya, melainkan ada syarat-syarat yang harus diperhatikan. Sebagaimana yang dikutip dari zakat.or.id, barang menjadi wajib zakat mal apabila memenuhi enam syarat berikut:

1.Kepemilikan sempurna
2.Berkembang (produktif atau berpotensi produktif)
3.Mencapai nisab
4.Melebihi kebutuhan pokok
5.Terbebas dari utang
6.Kepemilikan satu tahun penuh (haul)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads