alexametrics

Jelang Lebaran, Jangan Lupa Zakat Fitrah, Ini Ketentuannya

4 Mei 2021, 14:23:45 WIB

JawaPos.com – Salah kewajiban umat Islam adalah membayar zakat fitrah pada bulan Ramadan. Pembayaran ini merupakan tanda hendak berakhirnya bulan Ramadan serta sebagai pembersih jiwa selama berpuasa.

Dilansir dari NU Online, kewajiban membayar zakat fitrah ini dibebankan kepada setiap muslim dan muslimah, baik sudah baligh atau belum, kaya atau tidak dengan ketentuan bahwa ia masih hidup pada malam hari raya dan memiliki kelebihan dari kebutuhan pokoknya untuk sehari.

Besarnya zakat Fitrah adalah 1 sha’ yaitu 2.176 gram atau 2,2 kg beras atau makanan pokok. Dalam prakteknya jumlah ini digenapkan menjadi 2,5 kg, karena untuk kehati-hatian. Hal ini dianggap baik oleh para ulama.

Selain itu, menurut madzhab hanafi, diperbolehkan juga mengeluarkan zakat Fitrah dengan uang seharga ukuran itu, jika dianggap lebih bermanfaat bagi mustahik.

Zakat Fitrah boleh dikeluarkan langsung kepada mustahik atau dibayarkan melalui amil zakat. Amil atau panitia zakat Fitrah boleh membagikan zakat kepada mustahik setelah shalat ‘Idul Fitri karena udzur syar’i.

Zakat fitrah ini dibayarkan mulai awal Ramadan hingga maksimal sebelum salat Idul Fitri. Adapun, terdapat 8 golongan orang yang dapat menerima zakat. Mulai dari orang fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fisabillah dan ibnu sabil.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads