alexametrics

Lebih Agresif, JKT48 Tidak Ingin Sekadar Bertahan Hidup Pada 2022

11 Januari 2022, 17:37:06 WIB

JawaPos.com – Hampir sebulan setelah JKT48 menggelar 10th Anniversary Kick Off Conference di Balai Sarbini. Pada Sabtu, 18 Desember 2021 itu, JKT48 Operational Team (JOT) memberikan sepuluh kejutan kepada penggemar dan member JKT48. Dari pertunjukkan malam itu pula, JKT48 memastikan bakal agresif pada 2022 setelah dua tahun tidak bisa lincah bergerak karena pandemi Covid-19.

Untuk mengingatkan kembali momen malam itu, sepuluh pengumuman adalah: Pertama, konsep JKT48 menjadi New Era. Kedua, Shani menjadi Kapten JKT48, dan Jinan menjadi Wakil Kapten JKT48. Ketiga, pada pertengahan 2022 JKT48 berencana kembali keliling indonesia. Keempat, menjanjikan wajah baru Teater JKT48 yang rencananya selesai Mei 2022. Kelima, special setlist teater pada awal 2022.

Keenam, JKT48 bakal punya setlist orisinal teater pertama setelah satu dekade. Ketujuh, diikuti dengan generasi ke-10 mulai bergabung ke JKT48, Kedelapan, menyiapkan special performance video dengan aransemen baru. Kesembilan, pertengahan 2022 akan diadakan puncak konser ulang tahun ke-10 JKT48. Pengumuman terakhir atau kesepuluh adalah single-23 JKT48 dengan konsep lagu orisinal yang digarap oleh Matt Rad dan August Rigo. Mereka pernah menjadi produser dan penulis lagu untuk BTS, One Direction, sampai Justin Bieber.

JawaPos.com berkesempatan untuk berbincang dengan GM Teater JKT48 Melody Nurramdhani Laksani mengenai detil perjalanan JKT48 pada 2022. Namun, ada beberapa pertanyaan terkait single orisinal dan setlist teater orisinal yang tidak bisa diungkap karena prosesnya masih dirahasiakan. Melody meminta bersabar dan menantikan kabar terbaru selanjutnya. Berikut wawancaranya:

Sepuluh pengumuman yang luar biasa saat 10th Anniversary, JKT48 agresif banget pada 2022, goals apa yang ingin dicapai?

Goals utama kami setelah bisa bertahan melewati Corona ini adalah agar bisa kembali ke kegiatan utama kami untuk mengirimkan energi positif kepada para fans di Indonesia. Misalnya melalui teater, circus, handshake, dan lain-lain. Setelah pandemi berlalu, kami ingin restart JKT48 dengan semangat dan kekuatan baru.

Apa pesan yang ingin disampaikan manajemen ke fans atas berbagai rencana yang luar biasa itu?

Daripada pesan, kami lebih ingin memberikan energi untuk para fans yang telah mendukung. Sampai saat ini selama kurang lebih dua tahun, JKT48 hanya melakukan hal-hal agar JKT48 bisa terus bertahan hidup. 2021 adalah masa yang sangat sulit, apalagi saat restrukturisasi. Ke depannya, kami ingin bukan hanya melakukan kegiatan untuk bertahan hidup, tetapi hal-hal untuk JKT48 agar bisa memberikan senyum dan semangat bagi orang-orang di Indonesia.

Di luar faktor Covid-19, apa tantangan terberat untuk mewujudkan semua itu? Apa yang membuat manajemen optimistis?

Selain Covid-19, tantangan yang terbesar adalah untuk menggabungkan perasaan manajemen dan member dalam merealisasikan semua ini. Tapi kami optimistis karena sudah memiliki kapten dan wakil kapten yang akan membantu mendukung perasaan para member untuk menjalani semua ini.

Dari 10 rencana, mana yang membuatmu paling bersemangat?

JKT48 10th Anniversary Tour karena fans luar kota sangat menanti2kan ini kembali, kita mendatangi mereka. JKT48 10th Anniversary Concert karena rasanya belum afdol kalau 10 tahun perjuangan kita selama ini belum ada perayaan besar konser karena kemarin baru selebrasi atau kick off saja. Original theater setlist, karena selama ini kita menggunakan setlist kakak-kakak kita dari 48 Group. Dan pastinya, single orisinal. Ini sangat dinanti-nantikan kita semua, apalagi sebuah original single dari tim produser dan komposer yang telah memproduksi lagu BTS, One Direction, Justin Bieber, Selena Gomez, dan masih banyak lagi!

Akhirnya ada setlist teater orisinal. Nggak bikin kamu sebagai eks-member iri nih?

Iri banget! Coba masih muda, mungkin masih jadi member kali hahaha. Tapi ikut senang dong pastinya, kita bisa menikmati perjuangan JKT48 setelah 10 tahun punya setlist teater orisinal.

GM Teater JTK48 Melody Nurramdhani Laksani memastikan JKT48 terus mempersiapkan diri agar bisa kembali melesat seperti roket. (Dhimas Ginanjar/JawaPos.com)

Setlist orisinal rasanya kok lebih sulit dari single orisinal karena harus mengumpulkan belasan lagu orisinal dan harus memikirkan temanya juga. Apakah kamu setuju?

Tidak ada yang lebih sulit atau mudah daripada satu sama lain karena keduanya merupakan hal yang penting bagi JKT48 dan fansnya. Untuk original single, kami ingin lebih banyak orang yang bisa mendengarkan dan tahu tentang JKT48. Untuk original setlist, kami ingin penonton yang datang bisa lebih menikmatinya dan member bisa lebih mengeksplor dirinya.

Bisa kasih gambaran kasar, akan ada penambahan apa di teater nanti?

Di umur JKT48 yang ke-10 ini, kami ingin memberikan teater yang bisa memberikan pengalaman lebih menyenangkan bagi para fans yang datang.

Flashback ke 2020, kamu pernah mengabarkan JKT48 sempat terancam bubar, apa yang terjadi selama dua tahun ini sehingga pada 2022 punya banyak rencana agresif?

Ada berbagai fase selama Covid-19 ini. Terutama PPKM dan recovery yang berulang beberapa kali. Tapi selama itu pun JKT48 terus mempersiapkan diri agar bisa kembali melesat seperti roket di depan kalian. Kami sebetulnya sudah mempersiapkan banyak hal, tapi menggunakan timing 10th anniversary ini untuk mengumumkannya kepada kalian.

Stakeholder puas dengan perkembangan JKT48 saat ini?

Meskipun di tengah situasi yang sulit, tapi JKT48 tetap berusaha untuk bertahan. Stakeholder pun jadi sangat menantikan kegiatan JKT48 pada 2022.

Penegasan saja, berarti JKT48 tak lagi berada di ujung tanduk seperti 2020?

Kami tidak bisa mengatakan sudah tidak di ujung tanduk lagi secara pasti. Karena sekarang secara kondisi manajemen, semua masih sangat sulit. Teater masih di bawah kapasitas normal, tidak bisa handshake, tidak bisa teater. Tapi yang pasti, kami ingin mengubah situasi ini ke arah yang lebih baik. Walaupun ada kondisi yang tidak bisa dikontrol seperti korona, tapi kami selalu berpikir, apa yang bisa dilakukan di tengah situasi seperti ini.

JKT48 memastikan lebih agresif pada 2022 untuk memberikan energi positif kepada para penggemar. (Dhimas Ginanjar/JawaPos.com)

Bagaimana jika situasi karena Covid-19 kembali buruk, apa plan B untuk 2022. Setidaknya, dari 10 berapa yang manajemen optimistis bisa dicapai?

Kami akan berusaha keras agar bisa mencapai semuanya walaupun di tengah kondisi pandemi sekalipun.

Bagaimana rencana kerja sama dengan SKE48 yang tertunda selama pandemi, apakah akan dilanjutkan?

Saat ini SKE48 dan AKB48 masih belum bisa datang ke Indonesia, oleh karena itu bila mereka bisa datang, kami akan mulai memikirkannya.

Soal single orisinal, bagaimana latar belakang munculnya rencana membuat single ke-23 dengan melibatkan Matt Rad dan August Rigo?

Karena kali ini kami ingin bekerjasama dengan produser musik yang sudah melanglang buana di dunia. Kami mendapat rekomendasi dari studio musik di Amerika dan mendapatkan kontak mereka.

Editor : Dhimas Ginanjar




Close Ads