Top Gun: Maverick Salip Titanic Sebagai Film Berpendapatan Tertinggi

9 Agustus 2022, 16:48:36 WIB

JawaPos.com – Top Gun: Maverick terbang semakin tinggi. Sekuel Top Gun (1986) itu berhasil meraup USD 662,5 juta (Rp 9,85 triliun) dari box office Amerika Utara sejak dirilis pada 27 Mei lalu. Artinya, Maverick menggeser posisi Titanic (1997) sebagai film ketujuh berpendapatan tertinggi di box office domestik Amerika Utara.

Maverick tengah bersiap bersaing dengan Avengers: Infinity War (2018) yang berada di posisi keenam dengan pendapatan USD 678,8 juta (Rp 10,1 triliun). Kendati demikian, Titanic masih jauh lebih unggul di box office internasional. Film garapan James Cameron itu berdiri tegak di posisi ketiga dengan pendapatan worldwide sebesar USD 2,2 miliar (Rp 32,7 triliun). Sedangkan Maverick berada di posisi ke-13 dengan pendapatan worldwide senilai USD 1,4 miliar (Rp 20,8 triliun).

Maverick mengisahkan kembalinya Pete ”Maverick” Mitchell (Tom Cruise) sebagai pilot pesawat tempur setelah 30 tahun. Kini kemampuannya kian diuji dengan adanya anggota tim muda lulusan sekolah penerbangan Top Gun. Di antaranya Bradley Bradshaw alias Rooster (Miles Teller), Hangman (Glen Powell), dan Phoenix (Monica Barbaro). Film tersebut berhasil menjadi film Cruise berpendapatan tertinggi sepanjang masa.

Dengan filmografi dan aksi penerbangan yang luar biasa, Maverick berhasil mendapat rating yang tinggi. Baik dari penonton maupun kritikus film. Di IMDb, film arahan Joseph Kosinski itu memperoleh skor 8,6/10. Sedangkan di Rotten Tomatoes, Maverick meraih skor 96 persen. Bahkan, sutradara kawakan Quentin Tarantino pun melontarkan pujian terhadap film tersebut.

”Normalnya, aku tidak berbicara soal film baru sebegitunya karena aku hanya dituntut untuk mengatakan hal-hal baik. Tapi, dalam kasus ini aku sangat menyukai Top Gun, film Maverick itu. Aku pikir itu fantastis,” kata Tarantino dalam podcast ReelBlend pada 3 Agustus lalu.

Tarantino mengaku menontonnya di bioskop. Dia pun setuju dengan perkataan temannya, Brett Easton (sutradara, penulis), bahwa Maverick dan West Side Story karya Stephen Spielberg memang luar biasa secara sinematik. ”Jenis yang sepertinya hampir tidak bisa aku lihat lagi. Itu fantastis,” tandasnya.

Tarantino pun mengaku menyukai film orisinal Top Gun yang disutradarai mendiang Tony Scott. Namun, dia juga menyukai karya Kosinski. ”Rasa hormat dan cinta Tony ada di setiap frame. Itu hampir di setiap keputusan. Itu secara sadar ada di sana, tetapi dengan cara yang sangat keren ini, itu benar-benar hormat,” tandasnya.

Banyak fans yang mengharapkan adanya sekuel Maverick. Namun, hal itu belum bisa dipastikan, sebagaimana yang dikatakan Teller pada awal Juli lalu. ”Itu semua terserah Tom. Aku telah membicarakan hal tersebut dengannya. Kami akan lihat,” kata Teller sebagaimana dilansir dari Entertainment Tonight.

Jadi atau tidaknya sekuel itu, Teller mengaku telah memiliki ikatan yang spesial dengan Cruise. ”Baginya bisa berbagi Top Gun denganku dan banyak aktor muda itu sangat menyenangkan dan masih terjadi,” ucapnya. (adn/c9/ayi)

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini: