JawaPos Radar | Iklan Jitu

Optimisme Investor Asing Tak Surut Menjelang Tahun Pemilu

26 September 2018, 03:10:59 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Optimisme Investor Asing Tak Surut Menjelang Tahun Pemilu
Ilusrasi investasi di Indonesia (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Meski banyak investor asing menunggu dan menunda berinvestasi menjelang masa pemilihan pemilu 2019, namun ada juga investor yang tetap optimis menanamkan modal di Indonesia. 

Hal itu diungkapkan oleh Chairman Jebsen & Jessen Southeast Asia Heinrich Jessen. Sebagai pemimpin di zona Asia Tenggara, ia memahami kondisi politik yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

“Saya setuju jika setiap negara pasti ada tantangannya. Saya pikir sama dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam. Begitupun Indonesia, mereka melewati masa-masa pemilu. Tapi saya benar-benar tidak dapat berspekulasi. Saya percaya jika ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh pemerintah itu baik,” kata Heinrich di Kemang, Jakarta, Selasa (25/9).

Jebsen&Jessen berinvestasi di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Psrusahaan itu beroperasi dengan lima unit bisnis, yaitu Cable Technology, Ingredients, Life Science, Material Handling dan Technology.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Shinta Widjaja Kamdani menuturkan tidak semua investor asing seperti Jebsen & Jessen. Banyak investor memilih wait and see. Sedangkan investor lokal sedikit mengerem bisnisnya.

“Lokal investor bisnisnya tetap akan jalan. Tapi mereka tetap menunggu, kebetulan pemilu terjadi ketika ekonomi goobal sedang tidak baik, kita harus menjaga,” kata Shinta.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up