alexametrics

Bank Mandiri Targetkan 400 Ribu Adopsi Kartu Contactles di Akhir 2020

19 September 2020, 15:00:06 WIB

JawaPos.com – Visa dan Bank Mandiri mulai mempromosikan penggunaan pembayaran dengan kartu contactless sebagai cara membayar yang aman dan praktis terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Terkait dengan kartu contactless yang sedang disosialisasikan itu, Bank Mandiri menargetkan adopsinya dapat mencapai 400 ribu kartu sampai dengan akhir tahun ini.

Dalam webinar dengan tema “Pembayaran Contactless, Tren yang Makin Diminati di Era Digital”, Senior Vice President Credit Card Group Bank Mandiri Lila Noya mengatakan, pandemi Covid-19 seperti saat ini membuat kartu kredit contactless semakin relevan dibutuhkan masyarakat.

Hingga saat ini Bank Mandiri sendiri telah menerbitkan 250.000 kartu kredit contactless yang tumbuh lebih dari 100 persen dibandingkan dengan tahun ini.

“Dengan contactless card, transaksi akan semakin nyaman dan aspek kesehatan juga tidak terabaikan,” ungkapnya saat acara tersebut yang digelar secara virtual pada Kamis (17/9). Dia melanjutkan, perilaku konsumen saat ini bergeser signifikan akibat pandemi Covid-19 yang mengakselerasi inovasi pada industri pembayaran.

“Bank Mandiri sangat menyadari perubahan pola transaksi dan kebutuhan konsumen, khususnya di masa pandemi ini, yang mendorong kami untuk lebih berkreasi guna mewujudkan transaksi perbankan, termasuk pembayaran, yang lebih aman dan praktis,” imbuhnya.

Selain itu, dengan meningkatnya pemahaman teknologi digital, security dalam bertransaksi serta faktor higienis saat berbelanja untuk kebutuhan harian atau kebutuhan esensial lainnya, kini konsumen cenderung memilih pengalaman membayar di toko yang aman dan meminimalisir kontak fisik, seperti halnya yang ditawarkan oleh kartu Mandiri Visa contactless.

Dalam kesempatan yang sama, President Director PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan kebiasaan nontunai terbentuk secara cepat dan diperkirakan akan tetap diminati di era serba digital saat ini. “Berdasarkan studi terbaru kami, 62 persen konsumen Indonesia memilih membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai, saat berbelanja kebutuhan esensial di toko akibat pandemi,” paparnya.

Konsumen, lanjut dia, kini menjadi lebih terbiasa dengan perdagangan yang serba digital dan menggunakan pembayaran contactless untuk kebutuhan sehari-hari mereka. “Kami senang Bank Mandiri memiliki visi yang sama dengan Visa untuk memperluas awareness, adopsi, dan penggunaan kartu contactless dalam menjawab kekhawatiran para pemegang kartu dari segi keamanan berbelanja,” tandasnya.

Sebagai informasi, beragam kemudahan dijanjikan pada pemegang kartu ini. Para pemegang kartu Mandiri Visa contactless hanya perlu tap kartu mereka di kasir untuk transaksi hingga Rp 1 juta tanpa perlu otentikasi PIN.

Beragam kartu Mandiri Visa contactless juga menawarkan level keamanan tertinggi yang diberikan oleh kartu berbasis chip EMV. Setiap transaksi juga dilengkapi dengan kode sekali pakai (one time password), spesifik per transaksi, sehingga melindungi informasi pembayaran yang sensitif.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads