alexametrics

Jalur KA Linggapura-Bumiayu Masih Diberlakukan Jalur Tunggal Sementara

14 Januari 2021, 17:18:12 WIB

JawaPos.com – Jalur kereta antara Linggapura-Bumiayu akan diberlakukan jalur tunggal sementara. Hal ini menyusul gangguan akibat putusnya jembatan di jalur hulu akibat longsor.

PYMT Manager Humas Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono mengatakan, untuk sementara PT KAI Daop 5 Purwokerto memberlakukan jalur tunggal dengan menggunakan jalur hilir secara bergantian. Sementara kereta yang dari arah Jakarta untuk sementara diharuskan berhenti terlebih dahulu di stasiun Linggapura untuk mendapatkan yang disebut bentuk BK (Berjalan Jalur Kiri).

“Hal ini dimaksudkan agar masinis dapat memastikan bahwa jalur yang akan dilewati adalah benar-benar telah aman,” ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (14/1).

Adapun upaya lainnya yang dilakukan saat ini adalah dengan mengamankan jembatan yang roboh agar tidak mengganggu jembatan hilir yang masih dapat difungsikan dengan baik. Serta memperkuat struktur sekitar pondasi jembatan jalur hilir tersebut.

“KAI tetap memantau dan menjaga Jembatan No. BH 1120 secara 24 jam penuh. Apalagi melihat kondisi curah hujan yang tinggi hampir setiap hari, dikhawatirkan terjadinya banjir, maka untuk mencegah gerusan Sungai Glagah, rencananya akan dipasang batu bronjong disekitar pondasi jembatan baru yang saat ini digunakan. Hal ini masih dalam tahap proses menghitung dan mendatangkan alat material,” jelasnya.

Diharapkan, pemerintah segera membangun jembatan baru. Dengan demikian maka perjalanan kereta antara Linggapura-Bumiayu akan kembali normal menggunakan jalur ganda.

Ia menambahkan, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, termasuk penumpang dan barang yang diangkutnya. Tetap patuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran dan penularan virus Covid-19 untuk menciptakan perjalanan KA yang sehat, selamat, aman dan nyaman sampai stasiun tujuan dapat tercapai.

“Kembali kepada masyarakat khususnya pelanggan KA, PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA tersebut. Namun PT KAI senantiasa berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan KA,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads