alexametrics

Kadin Jatim Dukung Pengembangan Empat Kawasan Pusat Ekonomi Baru

13 Oktober 2020, 15:48:12 WIB

JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Timur (Jatim) mendukung program pengembangan pembangunan versi pemerintah provinsi (pemprov). Salah satu prioritasnya adalah pembangunan empat kawasan yang digadang-gadang menjadi pusat ekonomi baru.

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyatakan, pemprov berfokus pada proyek percepatan pembangunan empat kawasan. Itulah yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019. Empat kawasan yang dimaksud adalah kawasan Gerbangkertosusila (Gresik–Bangkalan–Mojokerto–Surabaya–Sidoarjo–Lamongan), kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS), kawasan Selingkar Wilis, dan jalur lintas selatan (JLS).

“Pemprov telah melakukan pemetaan wilayah dan sektor yang akan dikembangkan di empat wilayah tersebut,” kata Adik Senin (12/10).

Pengembangan lain termasuk program pembangunan Indonesia Islamic Science Park (IISP) di kaki Jembatan Suramadu. Tujuan proyek tersebut adalah menampung potensi masyarakat Jatim yang punya basis kuat keislaman. IISP menempati lahan seluas 91 hektare di Bangkalan. Itulah bagian dari Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Sisi Madura (KKJSM) seluas 600 hektare.

“Adanya proyek tersebut dapat memberi dampak positif. Yakni, terbukanya lapangan kerja dan meningkatkan potensi wisata religi di Jatim dan lain sebagainya,” ujar Adik.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (res/c14/hep)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads