alexametrics

Diperkirakan Jumlah Pekerja Migran Balik Indonesia Capai 49.682 Orang

10 Mei 2021, 19:02:10 WIB

JawaPos.com – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang sekaligus menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, terdapat 49.682 pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKI yang diperkirakan pulang ke tanah air selama Maret hingga Mei 2021.

Airlangga memaparkan, pada April 2021 kemarin terdapat sebanyak 24.215 orang pekerja migran dan bulan ini sebanyak 25.467 orang. “Terkait dengan pekerja migran dapat disampaikan bahwa periode Maret, April, Mei itu diprediksi mencapai 49.682 orang,” ujarnya melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/5).

Airlangga menegaskan, untuk penanganan terhadap kepulangan para TKI tersebut dilakukan secara khusus. Hal itu sesuai dengan instruksi Mendagri yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing mereka tinggal.

“Satgas koordinasinya oleh Pangdam di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, NTB, Kepulauan Riau. Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara,” tuturnya.

Airlangga menambahkan, para TKI yang pulang ke daerah masing-masing diwajibkan untuk mengikuti prokes yang ketat, seperti melakukan PCR tes dan melakukan karantina. Namun, Airlangga membeberkan, ternyata kasus positif masih juga cukup tinggi.

“Kemarin dengan Pak Gubernur dibahas di daerah-daerah Sumatera, termasuk dengan Riau, Kepri, Kaltara, Kalbar terkait dengan kebutuhan tempat karantina bagi PMI,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads