alexametrics

Boyong Permainan Outdoor ke Dalam Playroom

29 Agustus 2021, 19:15:51 WIB

Pandemi membuat ruang gerak anak terbatas. Agenda main ke playground, stop. Main bareng teman sekolah, skip. Agar si kecil betah di rumah dan menunjang eksplorasinya, tak sedikit ortu yang menyiapkan playroom atau ruang bermain di rumah.

SATU hal mendasar sebelum mulai merancang playroom adalah tahu keinginan anak. Menurut Cinthya Halim, owner EBM Baby Surabaya, pilih sesuatu yang familier dengan anak untuk menentukan konsep playroom. Misalnya, karakter animasi favorit, hobi, atau warna kesukaannya. ’’Kalau dia sudah akrab dengan temannya, dia bisa betah di sana,’’ katanya kepada Jawa Pos pada Kamis (26/8).

Setelah menentukan tema, pilih aktivitas apa yang bisa dilakukan anak di playroom. Playroom bisa didesain sedemikian rupa agar anak tidak merasa bosan, apalagi ketika pandemi, dia tidak bisa bermain-main di luar rumah. Bahkan, beberapa kegiatan outdoor bisa diadaptasi ke dalam playroom.

Misalnya, wall climbing. Untuk salah satu kliennya, Cinthya membuat wall climbing dengan tema pohon yang menarik. ’’Bisa melatih percaya diri anak supaya lebih berani. Selain itu, anak bisa melakukan aktivitas fisik meski di rumah aja, enggak cuma mainan sambil duduk atau sekolah online,’’ jelasnya.

Anak juga bisa diajak bermain role-play. Misalnya, dengan membuat rumah-rumahan berdesain kantor polisi atau kantor pemadam kebakaran, lengkap dengan setir mobilnya. ’’Kalau itu, bisa melatih imajinasinya juga. Sesuaikan aja, anak sukanya apa,’’ imbuhnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c12/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads