alexametrics

The Living Grotto: Kontemporer-Natural, Terkoneksi dengan Alam

18 Juli 2021, 16:07:30 WIB

Tinggal di tengah hiruk pikuk ibu kota, kebutuhan akan hunian yang menghadirkan privasi dan nuansa alami bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. The Living Grotto menghadirkan pengalaman ruangan yang dinamis dan tetap terhubung dengan alam.

ARSITEK Savala Design Studio Franklin Savala menuturkan, pemilik rumah mendambakan hunian yang berwawasan lingkungan, hemat energi, dan memiliki ruangan yang cukup banyak untuk menunjang aktivitas keluarga sehari-hari. Kebutuhan itu direspons dengan menciptakan area-area terbuka untuk memaksimalkan pencahayaan dan pengudaraan alami ke dalam bangunan.

Untuk menghasilkan kesan luas dengan kebutuhan banyak ruangan pada lahan yang relatif terbatas, arsitek menerapkan layout open-plan. ”Dengan penggunaan partisi kaca dan partisi sling untuk membentuk zonasi fungsi ruangan,” ujar Franklin.

Selain untuk pencahayaan alami pada pagi–sore, atap kaca sesuai dengan preferensi klien yang mendambakan rumah dengan atmosfer dinamis. ”Saat malam, penghuni rumah dapat menikmati objek astronomi seperti bulan dan bintang melalui skylight,” paparnya. Saat turun hujan, air yang mengalir melintasi atap kaca memberikan kesan waterfall yang menguatkan karakter natural pada rumah ini.

Rooftop menjadi area spesial bagi penghuni untuk berkumpul dengan keluarga. Tanaman pengisi rooftop dipilih yang kuat terhadap terik matahari dalam intesitas cukup panjang tiap hari. (Savala Design Studio – Franklin Savala for Jawa Pos)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c12/nor

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads