alexametrics

3 Tips Merawat Furnitur dari Bahan Tembaga Agar Tetap Awet

16 Januari 2020, 13:03:51 WIB

JawaPos.com – Memiliki furnitur atau perabotan di rumah harus pandai dalam merawatnya. Apalagi jika furnitur tersebut dibuat dari bahan khusus seperti tembaga.

Tembaga adalah logam yang sangat resisten dan mudah dipelihara. Bisa berupa perabotan atau aksesori rumah tangga seperti lampu atau hiasan. Dalam pameran furnitur di Jerman, International Moebel Messe (IMM) 2020 pada 13-19 Januari 2020 serta Indonesia Furniture and Craft Promotion Forum, berbagai tren furnitur dan cara merawatnya juga dibahas. Salah satunya furnitur dari bahan tembaga yang akan menjadi tren karena lebih artistik.

“Berbagai kerajinan tembaga yang khas dan sangat identik, dibuat secara handmade oleh para perajin tembaga berpengalaman di Desa Tumang, Boyolali, Jawa Tengah,” kata Managing Director PT. Laka Indonesia Hadiq Ulum, kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Dalam memilih furnitur tembaga, selain harus teliti dengan memilih bahannya dan modelnya, pembeli bisa mengecek kualitas barang tersebut dari ketebalannya. Polesan yang rapi juga bisa menentukan bagus atau tidaknya barang tersebut.

Beberapa tips dalam merawat dan membersihkan furnitur dari tembaga di antaranya:

 

1. Bersihkan dengan Kain
Tembaga dapat dibersihkan dengan kain lembut dan sabun yang lembut. Tembaga memiliki sifat antibakteri alami yang sama dengan perak. Gunakan sabun lembut, air hangat, dan kain lembut yang bersih.

 

2. Gunakan Air
Cukup dibersihkan dengan air. Jangan menggunakan bahan kimia.

 

3. Waxing
Untuk melindungi bagian luar, oleskan lilin pasta bening atau braso setiap beberapa minggu. Sehingga akan melindungi terhadap tumpahan dan tetap kinclong.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads