alexametrics

Ada Kursi Batu Tempat Bung Karno Bermeditasi di Pertapaan Indrokilo

17 Juli 2021, 19:48:12 WIB

Masyarakat Jatim dikenal sangat agamis sekaligus pluralis. Sejarah peradabannya juga panjang. Karena itu, tak heran jika provinsi tersebut memiliki banyak situs bersejarah yang kini jadi destinasi wisata religi. Misalnya, Desa Dayurejo, Pasuruan.

YA, desa yang terletak di Kecamatan Prigen tersebut menjadi bagian dari sejarah panjang negeri ini. Bahkan, sudah ada di zaman Majapahit. Karena itu, desa tersebut masih begitu kental dengan adat tradisionalnya.

Ragam tradisi warisan nenek moyang masih terjaga. Mulai tradisi sedekah bumi, ancakan, selamatan sumber air, hingga bantengan. Semua masih terjaga dan lestari hingga kini.

Potensi alam desa tersebut juga luar biasa. Berada di dataran tinggi, ada begitu banyak potensi di sana. Mulai pertanian, pekerbunan, hingga peternakan. Wajar, terdapat sumber air yang begitu melimpah. Ditambah dengan letaknya di lereng Gunung Ringgit.

Kekayaan desa tersebut makin lengkap dengan potensi wisata religinya. Semua tersentral di Dusun Talungnongko yang berpenduduk sekitar 560 jiwa. Ada sejumlah destinasi di sana. Di antaranya, makam leluhur Mbah Dipo dan Mbah Kunto yang begitu dihormati.

”Tradisi adat Jawa memang masih begitu kental di desa kami. Salah satu yang masih bertahan dan tetap lestari ada di Dusun Talungnongko,” ungkap Kades Dayurejo Wahono.

Selain itu, di sana terdapat destinasi yang sangat tersohor. Yakni, pertapaan Indrokilo. Letaknya berada di kawasan Perhutani kaki Gunung Ringgit. Dengan ketinggian sekitar 1.400 meter dari permukaan air laut (mdpl).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riz/riq/c13/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads