Selasa, 16 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Putin dan Erdogan Tolak Klaim Trump atas Yerusalem

| editor : 

Kota Suci Yerusalem

Kota Suci Yerusalem (Reuters)

JawaPos - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sama-sama menentang deklarasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal Kota Yerusalem.

Dua pemimpin tersebut mengadakan jumpa pers bersama di Ankara, Turki. Mereka dengan lantang menolak klaim AS akui Yerusalem jadi Ibu Kota Israel pada Senin waktu setempat, (11/12).

"Rusia dan Turki sepakat bahwa keputusan AS itu tidak membawa dampak positif apa pun bagi Timur Tengah. Sebaliknya, keputusan itu justru mengganggu stabilitas keamanan dan mengaburkan prospek perdamaian di kawasan ini," kata Putin dalam jumpa pers seperti dilansir Al Jazeera.

Menurut Putin, status Yerusalem hanya bisa diputuskan Israel dan Palestina lewat dialog langsung. Tidak bisa diputuskan sepihak hanya dengan klaim AS.

Di sebelah Putin, Erdogan tersenyum. Dia sangat senang mendengar pernyataan pemimpin berusia 65 tahun tersebut. Menyambung pernyataan tamunya, Erdogan mengecam kekerasan yang pecah di Israel dan Palestina setelah deklarasi Trump.

"Kami mengutuk Israel atas kematian beberapa warga Palestina dalam unjuk rasa menentang klaim AS," ujar Erdogan.

Hari ini Erdogan dijadwalkan membuka pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam alias OKI. Dalam forum internasional yang akan diselenggarakan di Kota Istanbul tersebut, 57 negara anggota OKI membahas Yerusalem.

(hep/c14/any)

Sponsored Content

loading...
 TOP