alexametrics

Pastikan Prajurit di KRI Nanggala Gugur, Segera Evakuasi Kapal Selam

25 April 2021, 18:26:52 WIB

JawaPos.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kabar duka terkait tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di kawasan perairan Bali. Hadi menyampaikan, seluruh prajurit TNI yang ada di KRI Nanggala tak terselamatkan atau telah meninggal dunia.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” kata Hadi dalam konferensi pers di Badung, Bali, Minggu (25/4).

Hadi lantas menyampaikan duka mendalam kepada seluruh keluarga awak kapal selam KRI Nanggala 402.  “Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala 402 telah gugur,” ucap Hadi.

Hadi memastikan, akan mengevakuasi awak serta bangkai kapal selam KRI Nanggala 402 yang berada di dasar laut. Dia menyebut, Pemerintah akan bekerja sama dengan The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) dalam rangka penyelamatan kapal.

“Pemerintah RI akan berkoordinasi dengan Ismerlo untuk mengupayakan langkah selanjutnya. Hal ini diperlukan untuk mengevakuasi KRI Nanggala 402 tentunya diperlukan kerja sama internasional,” papar Hadi.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memutuskan mengisyaratkan kondisi KRI Nanggala-402 meningkatkan dari fase submiss menuju fase subsunk.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads