alexametrics

Pemda Siapkan Skenario Antisipasi Lonjakan Covid-19 pada Akhir Tahun

18 Oktober 2021, 23:17:50 WIB

JawaPos.com – Pemerintah daerah diminta untuk belajar dari pengalaman penanganan Covid-19 di Indonesia tahun 2020. Sebab, libur panjang akhir tahun lalu, dampak yang ditimbulkan dari periode Natal dan Tahun Baru 2021, berujung terjadinya lonjakan pertama (first wave) di Indonesia.

Untuk itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta menjelang periode Natal dan Tahun Baru mendatang, Pemda harus mulai mempersiapkan kebijakan didasarkan pada situasi masing-masing daerah. Seperti kebijakan relaksasi dapat dilakukan hingga 50 persen kapasitas.

“Harus mewaspadai potensi kenaikan kasus akibat periode libur,” kata Prof Wiku secara daring baru-baru ini.

Kemudian, menurutnya pengawasan wajib dilakukan Pemda hingga tingkat terkecil melalui Satgas atau posko desa/kelurahan maupun satgas fasilitas umum. Pemerintah daerah juga harus segera menyiapkan skenario pembatasan begitu terlihat tren kenaikan yang signifikan.

“Pemda dan masyarakat juga perlu belajar kembali, serta efek yang ditimbulkan dari setiap kebijakan gas dan rem yang pernah diterapkan selama ini,” jelasnya.

Mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diikuti PPKM Level 1-4 yang berhasil mengatasi lonjakan kedua pada Juli 2021. Ia meminta hal itu jadi pegangan utama untuk mencegah lonjakan.

Ia menjelaskan, pemerintah telah menerbitkan sejumlah kebijakan bersifat gas dan rem, sejak Maret 2020 lalu. Kebijakan disesuaikan perkembangan situasi daerah dengan memperhatikan aspek kesehatan dan ekonomi dan terus diperbaharui agar semakin komprehensif dan tepat sasaran.

“Kebijakan penanganan Covid-19 di Indonesia menerapkan prinsip kehati-hatian. Aplikasi indikator-indikator kesehatan tingkat nasional maupun tingkat kabupaten/kota menjadi landasan keputusan gas dan rem pembukaan aktivitas sosial-ekonomi,” jelasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Saifan Zaking




Close Ads