alexametrics

Disiplin Protokol Kesehatan Bisa Kurangi Angka Penularan Covid-19

3 November 2020, 07:49:23 WIB

JawaPos.com – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dinilai efektif menekan angka penularan Covid-19. Terlebih, tingkat hunian di rumah sakit darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta pun mengalami penurunan.

Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, dr. Tugas Ratmono mengakui, disiplin protokol kesehatan dapat menurunkan angka penularan Covid-19. Penerapan protokol kesehatan itu dengan cara mematuhi 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan menjaga jarak.

“Disiplin protokol kesehatan ini akan lebih meningkat dan ini akan betul-betul diharapkan menurunkan suatu penularan. Sehingga kasusnya kita lihat ada penurunan,” kata Tugas dalam diskusi daring BNPB, Senin (2/11).

Tugas menjelaskan, tingkat hunian pada Tower 6 dan 7 di Wisma Atlet Kemayoran untuk pasien gejala ringan dan sedang saat ini turun menjadi 36,3 persen. Padahal, pada akhir September 2020 mencapai lebih dari 80 persen.

Hal serupa juga terjadi pada pasien isolasi mandiri di Tower 4 dan 5 yang awalnya mencapai di atas 80 persen turun menjadi sekitar 23,4 persen. Salah satu faktornya yaitu pemberlakuan PSBB dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Tugas tak memungkiri, masyarakat menjadi lebih disiplin protokol kesehatan karena pemberlakuan PSBB. Hal ini pun berpotensi menurunkan angka penularan Covid-19.

“Semoga ini terus diberlakukan dan kesadaran masyarakat untuk disiplin protokol betul-betul dilakukan dengan baik dan kita lihat di seluruh wilayah tentunya akan menurun,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan, ARM


Close Ads