alexametrics

Begal Sepeda Makin Berani, Sahroni Minta Polisi Lebih Rajin Patroli

20 Oktober 2020, 18:56:45 WIB

JawaPos.com – Akhir-akhir ini, kejadian begal sepeda makin marak terjadi. Yang terbaru, aksi penjambretan terjadi pada seorang pengguna sepeda di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/10) lalu. Tak tanggung-tanggung, barang yang diincar adalah handphone iPhone Pro Max seharga Rp 22 juta.

Terkait hal ini, anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem yang juga merupakan pembina komunitas sepeda ASC Goweser meminta kepolisian untuk melakukan operasi patroli, khusus demi membasmi begal sepeda. “Kami perhatikan seiring dengan meningkatnya pengguna sepeda karena pandemi, maka meningkat juga angka kriminalitas terhadap para pesepeda. Hal ini bahaya banget, karena sekarang kan sepeda ini lagi diminati sama banyak kalangan, dari sepeda rekreasi, hingga olah raga,” kata Sahroni kepada wartawan hari ini (20/10).

Karenanya, Sahroni mengatakan keberadaan begal ini sangat meresahkan masyarakat khususnya pesepeda. Karena aksi yang dilakukan tidak hanya menyebabkan kerugian materil namun juga mengancam keselamatan.

“Aksi penjambretan ketika bersepeda juga sebenarnya bahaya banget, karena mereka nggak hanya ngambil handphone, tapi juga mencelakakan. Oleh karena itu, perlu ada patroli khusus dari kepolisian,” sambungnya.

Adapun patroli khusus ini perlu dilakukan di wilayah-wilayah yang memang memiliki jalur sepeda yang kerap dilewati masyarakat, dan pada jam-jam rawan di mana sering terjadi aksi pembegalan.

“Jadi kayak Polres maupun Polda yang track sepedanya sering dilewati masyarakat kayak di Jakarta, di Tangerang, di Bogor, itu agar melakukan patroli khusus di jam-jam yang sering terjadi pembegalan atau penjambretan. Kan kalau banyak polisi patroli, begalnya juga takut,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads