alexametrics

Minum Rebusan Bawang Putih dan Kayu Manis Bisa Atur Gula Darah

18 Desember 2020, 09:37:57 WIB

JawaPos.com – Diabetes adalah suatu kondisi yang ditandai dengan naik turunnya kadar gula darah. Sayangnya, diabetes belum ada obatnya.

Disiplin dalam mengontrol gejalanya agar gula darah stabil adalah kuncinya.  Salah satunya makan dengan benar, menjalani gaya hidup sehat, dan minum obat yang diresepkan tepat waktu.

Diet bisa sangat membantu menjaga kadar gula darah terkendali. Lalu dibantu dengan makanan super diabetes untuk membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Salah satunya minum minuman rempah atau bumbu dapur seperti bawang putih dan kayu manis.

Dilansir dari NDTV, Jumat (18/12), bawang putih memiliki skor indeks glikemik yang rendah dan juga merupakan sumber vitamin B-6 yang memainkan peran penting dalam metabolisme karbohidrat. Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih dan kontrol gula darah. Bawang putih juga merupakan sumber vitamin C yang baik, komponen penting lain dari manajemen diabetes.

Kayu manis, bisa berfungsi sebagai pengganti gula yang sempurna untuk penderita diabetes. Menurut
The National Center for Biotechnology Information (NCBI) Amerika Serikat, kayu manis bisa membantu mengatur sensitivitas insulin. Karena kayu manis juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan aktivitas radikal bebas. Aktivitas radikal bebas ditandai dengan reaksi berantai yang berdampak pada sel kita, menyebabkan banyak masalah kronis seperti diabetes.

Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing House, kayu manis adalah alat bantu pencernaan yang membantu menormalkan kadar glukosa dan trigliserida (sejenis lemak) dalam darah, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Meski begitu, Ahli Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa mengatakan bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 5 gram kayu manis setiap hari.

Selain itu, cobalah tambahkan lemon. Lemon juga merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, terutama vitamin C.

Begini cara membuatnya :

Bahan

2 gelas air
Kulit kayu manis 1 inci
2 siung kecil bawang putih tumbuk
1 sendok teh jus lemon

Metode

1. Rebus air dan kayu manis dalam wadah.
2. Setelah air mendidih, tambahkan bawang putih. Biarkan mendidih selama 4-5 menit lagi. Tambahkan jus lemon
3. Saring dan sajikan.

Minum teh ini setiap hari. Akan tetapi penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads