alexametrics

4 Tips Bagi Musisi Biar Tak Mati Gaya di Tengah Pandemi

17 Desember 2020, 11:44:44 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir satu tahun di Indonesia memiliki dampak cukup besar bagi seniman khususnya para musisi. Mereka tidak bisa manggung offline dan beberapa musisi ada yang sampai melakukan alih profesi demi bertahan hidup.

Lewat keterangannya, aplikasi streaming musik sosial, Resso, memberikan sejumlah rekomendasi untuk para musisi supaya tidak mati gaya dan tetap produktif di tengah pandemi Covid-19. Bukan hanya memberikan rekomendasi, platform tersebut juga memfasilitasi musisi supaya tetap bisa berkarya.

1. Selesaikan EP Terbengkalai

Menyelesaikan EP yang sempat terbengkalai adalah waktu yang tepat dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang. Jika ada berapa coretan kata dan melodi tidak terselesaikan dengan alasan tidak punya waktu atau inspirasi, inilah saat yang tepat untuk kembali menyelesaikannya.

Ambil gitarmu, cari nada yang tepat, selesaikan. Kemudian luncurkan lagumu secara online melalui berbagai aplikasi streaming musik, dan lihat hasilnya. Lihat bagaimana lagu yang dulunya tidak tersentuh itu kini dinikmati oleh banyak orang.

2. Membuat Kolaborasi Tak Biasa

Masa pandemi dimana para musisi lebih punya banyak waktu berada di rumah, alangkah lebih baiknya mulai berpikir liar dalam menghadirkan sebuah karya. Mulailah berpikir untuk kolaborasi dengan musisi lain di luar mainstream atau di luar zona nyaman.

Mulailah menulis lagu bersama dengan musisi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Lakukan duet dengan dia yang berseberangan genre denganmu misalnya. Apa jadinya apabila Jazz dikolaborasikan dengan RnB. Coba dan ciptakan sesuatu yang baru.

3. Bikin Acara Musik Virtual

Larangan untuk berkerumun dalam skala besar menjadikan para musisi harus bertranformasi secara digital. Sejumlah musisi sudah melakukan acara musik secara virtual sejak beberapa bulan belakangan.

Namun bila masih ada musisi yang kebingungan untuk membuat konser virtual karena pertimbangan satu dan lain hal, Resso bisa membantu mewujudkan hal tersebut melalui program yang bernama RessoMeetUp. Sebuah pertunjukan musik virtual yang diisi dengan sesi meet and greet bersama lima musisi dari lima genre berbeda setiap minggunya.

Musisi bisa memanfaatkan ini supaya bisa tetap menghibur sekaligus mendekatkan diri kepada para penggemar. Melalui program ini, Resso ingin memberikan pengalaman manggung bagi musisi, meskipun lewat cara yang berbeda dan menghubungkan para musisi dengan para penggemarnya.

Untuk mendukung musisi lokal dan menjaga industri musik Indonesia tetap hidup selama masa pandemi, ia juga meluncurkan Ressound: Jamming Session, sebuah program di mana musisi baru bisa tampil berkolaborasi dengan musisi lain yang lebih senior.

4. Perkuat Kehadian di Media Sosial

Di tengah pandemi seperti sekarang tentu tidak bisa menggelar acara meet and greet secara langsung melibatkan banyak barisan penggemar. Sebagai gantinya, musisi bisa melakukannya secara virtual atau memperkuat kehadiran dalam media sosial.

Memperkuat kehadiran di media sosial sangat penting bagi para musisi. Karena menurut data We Are Social 2020, 47 persen orang menghabiskan waktu lebih lama di media sosial selama masa pandemi. Dengan demikian, inilah saatnya untuk Anda mengeluarkan upaya lebih dari biasanya untuk semakin membuat diri semakin bersinar dan tambah dekat dengan para penggemar.

Para musisi bisa mendekatkan diri kepada para penggemar seperti menyanyi secara live disiarkan via Instagram Live, obrolan santai di Twitter atau platform media sosial lain. Anda juga bisa membagikan kisah menarik di balik karya-karyamu kepada para penggemar.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads