alexametrics

Orang Tua Harus Kreatif Agar Anak Tak Bosan di Rumah

9 November 2020, 14:59:46 WIB

JawaPos.com – Masa pandemi Covid-19 memaksa kegiatan pembelajaran di sekolah dihentikan sementara dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tak jarang, ruang gerak yang terbatas membuat anak-anak bosan dan rindu akan teman sekolahnya. Terutama yang masih di PAUD dan sekolah dasar.

Psikolog Anak dan Keluarga, Sani Budiantini Hermawan mengakui, anak-anak bisa saja mengalami rasa bosan hingga stres karena tidak bisa bermain bersama teman. Untuk itu, memang dibutuhkan peran orang tua agar anak tidak bosan selama berkegiatan di rumah. Caranya, tetap adakan pertemuan rutin dengan teman sekolah meski hanya virtual.

“Orang tua tidak boleh memutus hubungan mereka dengan teman-temannya, salah satunya memang kita semangati, secara virtual mereka tetap berhubungan, mereka tetap bisa berkontak langsung meskipun virtual,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Hal yang dilakukan bisa bermacam-macam.  Seperti saling tukar foto pengalaman beraktivitas di rumah. Dengan begitu, kebosanan anak terus berada dalam rumah bisa berkurang karena interaksi dengan temannya.

“Kadang-kadang tukeran foto pengalaman dan sebagainya itu juga menyenangkan makanya, untuk orang tua yang paham bahwa anak itu butuh pertemanan tadi itu malah dijadiin encourage ya dan jangan sampai malah di stop gitu (ngobrol dengan teman),” tambah dia.

Perlu pembagian waktu setiap hari dalam kegiatan belajar dan bermain anak. Cara bermain sambil belajar juga bisa diterapkan. Misalnya dengan mendongeng soal pandemi menggunakan bahasa yang mudah dimengerti ataupun alat benda yang mendukung cerita.

“Jadi bukan hanya belajar, tapi tetap dia harus berkegiatan caranya misalnya kayak berdongeng itu sangat menyenangkan jadi anak bisa berkhayal dan berimajinasi,” tutur Sani.

Dengan bercerita, orang tua juga bisa menyisipkan pesan untuk bisa mencegah tertular dari virus, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan, wajib menjaga jarak.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads