alexametrics

Generasi #BisaBanget Ajak Anak Muda Produktif dan Kreatif Saat Pandemi

9 November 2020, 14:58:33 WIB

JawaPos.com – Kondisi pandemi virus korona yang memaksa semua orang berada di rumah, menghambat aktivitas di luar ruangan. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi semangat produktif sejumlah pekerja kreatif dari berbagai bidang. Lebih banyaknya waktu berada di rumah, justru dimanfaatkan untuk mempelajari hal baru atau menghasilkan karya.

Musisi Danilla Riyadi misalnya, selama berada di rumah, dimanfaatkan Danilla untuk tetap melakukan menyalurkan hobi bermusiknya. Seperti pertunjukan musik virtual “Panggung Tapi di Rumah” yang disiarkan melalui kanal digital miliknya.

“Generasi bisa banget itu generasi yang tidak mengenal kata, ‘aduh kayaknya gak deh gitu’, generasi yang penuh optimisme, dan bisa beradaptasi dalam situasi apapun. Jadi mereka tetap mencapai target walau situasinya terbatas,” ujar Danilla Riyadi dalam live talkshow virtual Generasi #BisaBanget yang mengusung Skill Up Project, Sabtu, (7/11) di Studio Inspigo, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Danilla yang tampil satu panel bersama Founder Makna Group, Ernanda Putra dalam sesi talkshow “Unleash Your Creativity While ‘Di Rumah Aja”, juga menyoroti hal-hal yang bisa mendorong anak muda untuk tetap kreatif dan produktif di tengah pandemi.

Sejumlah tips juga mereka beberkan agar tetap memiliki energi dan semangat berkarya. Selama berada di rumah saja, Ernanda mengaku mempelajari hal baru yang belum pernah ia kuasai, seperti mempelajari alat musik gitar.

“Pandemi gini, generasi kita harus survive. Jadi kreativitas, segala sesuatu yang berhubungan dengan produktivitas itu diuji banget. Ini saatnya kita tunjukin, sebenarnya kita bisa dalam hal apapun, dalam keadaan apapun. Walau terjepit segala macam, itu tidak menghalangi kita untuk bikin sesuatu yang selalu baru dan produktif,” ungkap Ernanda Putra.

Generasi #BisaBanget sendiri adalah kampanye dari produsen susu steril Bear Brand yang menghadirkan talkshow inspiratif yang disiarkan melalui internet, berkolaborasi dengan platform podcast berbasis aplikasi Inspigo. Acara bertajuk Skill Up Project tersebut diselenggarakan selama empat hari setiap akhir pekan, 31 Oktober, 1, 7, dan 8 November 2020.

Selain menghadirkan Danilla Riyadi dan Ernanda Putra, sejumlah pekerja kreatif dan influencer seperti Lizzy Parra, Samuel Ray, Marchella FP, dr. Jiemy Adrian, Jonathan End, dan,Tantri Namirah. Kegiatan talkshow tersebut juga dilengkapi hiburan musik dari Ardito Pramono, Mocca, Dannila Riyadi, dan HiVi.

Selain mengungkap cara agar tetap produktif dan kreatif di masa pandemi, talkshow inspiratif tersebut juga membekali anak muda tentang kompetensi yang dibutuhkan di masa kini seperti personal branding. Tak hanya itu, anak muda juga diedukasi cara mengatasi persoalan kesehatan mental.

Dalam mengembangkan kreativitas untuk tetap produktif di tengah pandemi, generasi muda sangat mengandalkan teknologi digital. Dukungan teknologi yang kian berkembang pesat juga mempermudah anak muda untuk menyalurkan kreativitas yang dimiliki. Seperti halnya Ernanda yang selama ini memanfaatkan media digital untuk membuat karya yang memiliki dampak kepada khalayak.

“Sekarang di era digital ini kalau kita mau bikin impact, media sudah disediakan nih. Ada zoom lah, kita kita bikin kecil-kecilan, talkshow sama teman-teman. Itu muda banget aksesnya. Jadi menurutku akan lebih besar lagi (impact yang dihasilkan). Dulu waktu aku zaman belum pandemi, misalnya diundang talk show di kampus yang menikmati 100-200 orang. Sekarang bayangin aja, dengan Zoom, YouTube live, satu Indonesia bisa nonton, even satu dunia,” tutur Ernanda.

Dengan tetap memiliki kegiatan yang produktif di tengah pandemi, membuat Danilla dan Ernanda percaya semakin berkurangnya potensi stress yang berpengaruh terhadap kesehatan mental anak muda. Namun, kesibukan apapun yang dilakukan, harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM


Close Ads