alexametrics

Indahnya Motif Batik Kawung dan Parang dengan Dominasi Warna Pink

7 April 2021, 19:39:34 WIB

JawaPos.com – Batik merupakan teknik dengan makna filosofis yang mendalam baik dalam setiap goresannya, corak maupun ketekunan dalam membuatnya. Diperlukan sebuah kesabaran, ketenangan dan kedamaian hati ketika menggoreskan setiap corak menjadi sebuah karya seni. Namun dalam hal warna, jarang sekali batik menampilkan warna yang lembut atau pastel salah satunya warna soft pink.

Batik juga mendapatkan pengakuan dunia International dengan diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawai (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Di tangan Nadia Stefanie, eks pemeran sinetron yang kini berkiprah dalam dunia fashion, dia menuangkan segala ide kreatifnya berkolaborasi bersama Alleira Batik. Nadia menggagas batik cantik sentuhan gradasi, warna, pola yang didominasi pink dengan sentuhan khas Alleira Batik.

“Saya menyukai batik karena merupakan warisan budaya Indonesia dengan keanggunan dan nilai seni tinggi. Sentuhan khas Indonesia menjadi sebuah kebanggaan ketika menggunakan Batik dalam menghadiri berbagai acara. Dan hal inilah yang merupakan salah satu cita-cita saya untuk membawa Batik dalam sebuah karya busana yang elegan, mengusung kearifan lokal dengan kualitas yang mumpuni,” ujar Nadia Stefanie dalam sebuah wawancara kepada wartawan baru-baru ini.

Alleira Batik yang telah lama berkiprah di dunia Batik dengan tagline The Allure of Indonesian Batik menjadi partner pilihan Nadia Stefanie dalam bersama berkarya untuk bisa berkontribusi dalam perkembangan dunia fashion di Indonesia. Bertajuk Harmony in Pink dalam koleksi ini akan menjadi tagline yang akan mewarnai peluncuran koleksi kolaborasi ini. A Blooming Rose, yang terinspirasi ragam budaya beraneka ragam di Indonesia dari Sabang hingga Merauke hingga natural kecantikan perempuan Indonesia.

Motif Batik

Ragam motif batik ornament serta kombinasi motif floral meyakini inspirasi tersebut diatas hingga menghasilkan karya-karya seni batik dengan tiap lembarnya dalam sebuah karya seni tinggi. Kawung dan Parang adalah ciri khas motif Batik yang melambangkan kemegahan kecantikan dan kepribadian tinggi bagi yang menggunakannya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads