JawaPos Radar | Iklan Jitu

Cuaca Ekstrem, Klaten Dilanda Hujan Es

11 Januari 2019, 20:05:43 WIB
Hujan Es
ILUSTRASI: Warga menunjukkan es batu yang ikut terjatuh dari langit saat hujan di Jakarta beberapa waktu lalu. (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Jumat (11/1) ternyata tidak hanya terjadi di wilayah Kota Solo saja, tetapi juga di daerah lain seperti di wilayah Sukoharjo dan Klaten. Bahkan di Kecamatan Kemalang dan Margomulyo, Klaten Utara sempat diguyur hujan es. Sejumlah pohon tumbang juga terjadi di beberapa daerah tersebut. 

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Bambang Giyanta membenarkan terjadinya hujan es. Menurutnya, hujan es yang sempat mengguyur wilayah Klaten tidak berlangsung lama. Hanya beberapa menit saja. 

"Memang benar tadi sempat terjadi hujan es, saya melihatnya sendiri tapi tidak lama, paling sekitar 10 menit saja," ungkapnya kepada JawaPos.com.

Bambang juga mengatakan, bahkan anaknya juga sempat memungut butiran es yang jatuh dari langit tersebut. "Ukurannya kecil-kecil, tadi anak saya sempat memungutinya," tambahnya. 

Selain terjadi hujan es, Bambang mengatakan, di wilayah Klaten juga banyak terjadi pohon tumbang. Saat ini, BPBD sudah menerjunkan personel untuk melakukan evakuasi di beberapa lokasi. "Saya ini baru di lapangan melakukan evakuasi, karena banyak pohon yang tumbang. Kalau datanya kami belum memiliki, termasuk untuk korban jiwa kami juga belum bisa melakukan pendataan," ucapnya. 

Pohon tumbang juga terjadi di beberapa daerah lain, seperti di Kota Solo. Bahkan dari data sementara tercatat ada sekitar 25 pohon yang tumbang. Selain di Solo, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Sukoharjo. 

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Ari Purnomo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up