alexametrics
Satu Rumah Dijual Rp 4,5 Miliar

Viral Perumahan Mewah di Atas Gedung Thamrin City, Begini Faktanya

26 Juni 2019, 12:01:18 WIB

JawaPos.com – Belakangan tengah viral sebuah foto yang menampilkan adanya komplek perumahan di sebuah atap gedung. Setelah ditelusuri, keberadaannya memang benar adanya. Ratusan rumah mewah itu terletak di atap gedung Thamrin City, Jakarta Pusat.

Area ini diberi nama Cosmo Park. Letaknya di lantai 10 gedung Thamrin City. Keberadaan perumahan ini juga sudah bisa terlihat dari Jalan KH Mas Mansyur yang mengarah ke Stasiun Karet. Namun, karena lokasinya diketinggian tentu tidak terlihat secara detail keberadaannya.

Pintu masuk ke Cosmo Park terletak di lobi utama Tower Cosmo Mansion atau tepatnya di samping pintu hotel Amaris. Namun untuk naik ke lantai 10 membutuhkan akses khusus penghuni atau dengan bantuan petugas keamanan. “Cosmo Park naik dulu ke lantai 1, nanti ada security yang jaga, naiknya pakai akses,” ujar salah seorang security di lantai dasar gedung Thamrin City saat ditemui JawaPos.com, Rabu (26/6).

Sementara itu, penelusuran JawaPos.com terhenti sampai lobi Cosmo Mansion. Di situ, pihak keamanan mengatakan hanya penghuni yang diperbolehkan masuk area Cosmo Park. Bagi tamu harus didampingi oleh Agen penjual properti kawasan tersebut, atau ada izin dari penghuni. “Di sini aksesnya terbatas, nggak bisa semua masuk,” ujar petugas di lobi Cosmo Mansion.

Dari keterangan petugas tersebut, Cosmo Park sudah berdiri antara rentang waktu 2009-2010. Saat ini sudah tidak ada unit rumah baru, adapun yang masih dipasarkan itu merupakan rumah bekas. Audi salah satu agen penjual properti Cosmo Park mengatakan rumah yang dia jual dikawasan itu memang dalam kondisi bekas huni. Harga yang ditawarkan saat ini berkisar Rp 4,5 miliar.

Foto perumahan mewah di atas gedung Thamrin City, Jakarta Pusat, viral di media sosial dari akun instagram @shahrirbahar1.

Meskipun berbentuk rumah, namun Cosmo Park tetap digolongkan pada hunian bertingkat. Oleh karena itu sistem kepemilikannya pun sama dengan pembelian apartemen. “(Sertifikatnya) dia pakai Strata Title di atas HGB (Hak Guna Bangunan) kayak apartemen,” kata Audi saat dihubungi.

Untuk pengurusan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun bisa dibantu oleh agen. Adapun fasilitas umum di dalamnya berupa lapangan tenis, kolam renang, jogging track dan dikabarkan adapula area kebugaran. Akan tetapi, Audi mengaku belum melihatnya secara langsung.

Dengan harga Rp 4,5 miliar, pembeli bisa mendapat rumah dengan luas tanah 140 meter persegi. Sedangkan luas bangunan 180 meter persegi, bangunan terdiri atas 2 lantai. Kamar tidur sebanyak 3, dan kamar mandi 4. Sedangkan kapasitas listrik sebesar 6600 watt. Kondisi rumah semi furnished plus 3 AC dan 2 WH. Untuk keamanan dijaga oleh security 24 jam.

Dihubungi terpisah Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta, Benny Agus Chandra menyebut bangunan ini sudah berizin. Dan sudah lama berdiri, bahkan sebelum Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta 2012 silam. Keterangan ini tidak bertentangan dengan ucapan petugas di Cosmo Mansion yang menyebut sudah berdiri sejak 2009-2010. “Ada SLF (Sertifikat Laik Fungsi) atau tidak itu yang perlu saya cek,” kata Benny kepada JawaPos.com.

Benny menjelaskan, Cosmo Park termasuk hunian bertingkat seperti apartemen, meskipun bentuknya rumah landed. Oleh sebab itu, hunian seperti ini diperbolehkan selama memenuhi unsur keselamatan dan keamanan. “Apartemen juga banyak yang dibawahnya mall kan? Yang penting adalah bahwa secara keselamatan dan keamanan tidak masalah itu yang ada di SLF,” tegasnya.

Sedangkan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengaku kaget dengan adanya perumahan mewah di atas Gedung Thamrin City. Dia mengaku akan memanggil Sudin Citata Jakarta Pusat untuk mengecek kabar tersebut.

“Dimana ada perumahan mewah di atas Gedung? Nanti saya akan cek dan panggil Citata untuk mengetahui detailnya seperti apa,” tuturnya kepada JawaPos.com.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan