alexametrics

6 Bulan Tak Kunjung Sembuh dari Covid-19, Masih Pakai Oksigen di Rumah

8 Juni 2021, 14:48:10 WIB

JawaPos.com – Seorang penyintas Covid-19 sangat trauma dengan perjuangannya melawan penyakit yang dideritanya. Sudah negatif atau sudah sembuh pun, masih merasakan dampak jangka panjang. Salah satunya perempuan asal Skotlandia, Lousie Morrison. Kini dia dikabarkan menderita penyakit mental.

Louise Morrison hampir meninggal setelah menderita pneumonia ketika tertular virus Korona dan mengalami pertempuran selama sebulan yang mengerikan untuk bertahan hidup seperti laporan Daily Record. Dia kini mengalami gejala yang berkelanjutan bahkan setelah pemulihan. Dan, masih menggunakan oksigen tambahan untuk bernapas di rumah.

Dirinya juga mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) sebagai akibat dari stres yang disebabkan oleh penyakitnya. “Saya butuh bantuan sekarang. Pasti ada begitu banyak orang di luar sana yang berjuang dan tidak dapat mengakses bantuan spesialis yang mereka butuhkan,” kata warga Tullibody, Clackmannanshire, Skotlandia, seperti dilansir Mirror.

“Yang benar-benar dapat mereka lakukan adalah berbicara dengan penderita lain dalam kelompok dukungan online saling menguatkan. Atau pergi ke dokter umum,” lanjutnya.

Ibu tiga anak memang sebelumnya menderita asma. Dia menghabiskan empat hari di bangsal Covid-19 setelah dites positif pada Desember lalu. Tetapi kondisinya memburuk dan dia dipindahkan ke perawatan intensif.

Kondisinya menjadi sangat buruk sehingga dia hampir koma untuk menyelamatkan hidupnya. “Pada saat itu segalanya mulai menjadi sangat menakutkan. Saya hampir tidak bisa bernapas, suhu saya sangat tinggi, kemudian dokter ICU berbicara kepada saya tentang betapa seriusnya hal itu, tindakan apa yang mungkin harus dilakukan dan kapan keluarga saya akan dihubungi jika saya lebih buruk,” kenangnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads