alexametrics

Belok Kanan Barcelona, Film Gampang-gampang Susah Guntur Soeharjanto

17 September 2018, 13:31:46 WIB

JawaPos.com – Menjadi sutradara film Belok Kanan Barcelona diakui Guntur Soeharjanto tak mudah. Pertama, film ini berlatar beberapa kota di empat benua, yang akhirnya dipilih hanya di 4 kota, yakni Maroko, Budapest, Copenhagen, dan Barcelona.

Kemudian, syuting di Maroko dan Budapest dilakukan saat bulan puasa. Padahal, suhu di Maroko ketika itu mencapai 48 derajat celcius. Ditambah lagi, artinya harus rela tidak mejalankan ibadah puasa dengan keluarga.

“Di Maroko itu kita lagi puasa, di sana kemaren itu 48 derajat celcius. Semua kru sana puasa, kita juga harus puasa jadinya. Jadi, bener-bener capek banget,” ungkap Guntur saat Gala Premiere Belok Kanan Barcelona, belum lama ini.

BELOK KANAN BARCELONA - Official Trailer (YouTube/StarvisionPlus)

Tak sampai di situ, saat syuting di Gurun Sahara, terjadi badai pasir yang cukup kencang. Hasilnya, proses pengambilan gambar terpaksa dihentikan untuk sementara menunggu badai pasir reda.

“Paling ribet syuting di gurun pasir di Sahara, Maroko. Lagi syuting kena badai pasir kenceng banget. Waktu hari terakhir syuting, tiba-tiba 3 jam kena badai pasir. Kita nggak pernah nyangka, itukan pasir kecil jadi bikin mata perih,” papar Guntur.

Kemudian, syuting di 4 benua melibatkan banyak talenta lokal. Mengarahkan para pemain lokal, buat Guntur tidak mudah. Sebab, setiap negara memiliki aturannya sendiri yang harus dipatuhi. Terutama menyangkut jam kerja dan sistem pembayaran.

Menurut Guntur, mengarahkan pemain lokal juga tidak mudah. Sebab, setidaknya harus memahami budaya lokal dan menyatukannya dengan naskah cerita hingga menjadi film yang enak untuk ditonton.

Terakhir, syuting di keramaian menjadi tantangan tersendiri buat Guntur. Salah satunya adalah ketika pengambilan gambar di La Rambla, Barcelona. Jalanan yang sangat terkenal di Barcelona tersebut selalu dipenuhi ratusan ribu orang ketika sore hari. Oleh karena itu, dia harus mensiasatinya dengan baik.

“La Rambla itu tempat paling ramai di Barcelona. Itu kalau siang menuju sore ratusan ribu orang di satu jalan, banyak banget. Gampang-gampang susah sih (syuting dikeramaian) karena ini negara ke-22 saya syuting ke luar. Jadi, saya sudah tau caranya treatment syuting di tempat ramai, syuting di bussy area, traffic jam. Jadi, buat saya bisa ada solusinya sih,” pungkas Guntur.

Film Belok Kanan Barcelona bercerita tentang persahabatan Francis (Morgan Oey), Retno (MikhaTambayong), Farah (Anggika Bolsterli) dan Ucup (Deva Mahenra) sejak SMA. Tetapi, ternyata persahabatan keempatnya diwarnai oleh cinta segi empat yang tak terungkapkan.

Demi memperjuangkan cinta masing-masing, akhirnya mereka melakukan perjalanan seru di 4 benua dan bertemu di Barcelona. Bagaimana nasib cinta keempatnya? Belok Kanan Barcelona akan tayang di bioskop seluruh tanah air mulai 20 September 2018.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : (str/JPC)

Belok Kanan Barcelona, Film Gampang-gampang Susah Guntur Soeharjanto