alexametrics

Jangan Asal Memilih Kursi Kerja, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Membeli

27 September 2020, 09:00:07 WIB

JawaPos.com – Memilih kursi kerja tidak boleh asal karena berhubungan dengan produktivitas dalam bekerja. Kursi ini juga erat kaitannya dengan kesehatan punggung sehingga salah dalam memilih hanya akan menyebabkan masalah pada punggung Anda ke depannya.

Banyaknya pilihan kursi kerja yang ada di pasaran ini membuat Anda harus bersikap selektif dan mengetahui apa saja yang harus Anda perhatikan saat akan memilih kursi tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli kursi untuk Anda bekerja seperti berikut ini:

Sandaran Punggung yang Tepat
Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat akan memilih kursi untuk kerja adalah pilih yang memiliki sandaran yang tepat untuk punggung Anda. Semakin tinggi sandaran punggungnya maka akan semakin mahal biaya yang harus Anda tanggung. Kursi kerja yang terbaik ini mampu menopang semua tulang punggung Anda. Jika Anda setengah punggung saja yang bisa ditopang dikhawatirkan ke depannya tidak bagus untuk tulang punggung Anda.

Anda juga bisa memilih kursi yang mana memiliki bantalan yang empuk sehingga tidak akan membuat Anda lelah meski digunakan untuk duduk berjam-jam. Kursi dengan bantalan empuk ini mampu menghindarkan Anda dari penyakit wasir atau ambeien yang sangat menyakitkan. Duduk terlalu lama meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit ambeien berkali-kali lipat dibandingkan dengan yang pola kerjanya mobile.

Sandaran Lengan
Tips memilih kursi kerja selanjutnya adalah Anda bisa memilih kursi yang ada sandaran lengannya. Akan lebih baik jika Anda memilih kursi yang mana sandaran lengannya bisa Anda atur sedemikian rupa. Pada saat bekerja di depan komputer atau laptop bagian tubuh yang sering bergerak adalah tangan sehingga dengan memilih kursi yang dilengkapi dengan pengaturan sandaran lengan ini akan menghindarkan Anda dari rasa lelah saat bekerja.

Posisi bekerja yang baik adalah yang bisa membentuk sudut 90 derajat antara lengan atas dan kaki Anda. Posisi ini akan mengurangi ketegangan pada sendi bahu maupun leher yang bisa membuat nyeri pada leher Anda setelah bekerja lama.

Perhatikan Bentuk Sandarannya
Harga meja dan kursi ini disesuaikan dengan materialnya, semakin bagus materialnya maka semakin mahal harga yang harus Anda tanggung, namun hal tersebut tidak masalah karena harga akan berpengaruh terhadap keawetan dan masa pakai kursi Anda. Untuk yang mengalami kelainan pada tulang belakang seperti skoliosis ada baiknya jika Anda memilih kursi yang sandarannya disesuaikan dengan bentuk tulang Anda.

Kursi kerja memiliki bentuk sandaran yang berbeda-beda ada yang lurus, melengkung, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang memiliki tulang punggung normal memilih kursi kerja dengan sandaran lurus lebih disarankan namun jika Anda mengalami masalah dengan tulang belakang maka Anda disarankan untuk memilih kursi dengan sandaran yang melengkung.

Tips Memilih Kursi Kerja Terbaik
Untuk menunjang produktivitas Anda ada beberapa tips memilih kursi kerja yang harus Anda perhatikan. Selain mempertimbangkan beberapa hal di atas ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda jadikan acuan dalam memilih kursi untuk bekerja seperti berikut ini:

1. Sesuaikan dengan meja kerja Anda
Tips memilih yang pertama adalah pastikan jika Anda memilih yang sesuai dengan meja kerja Anda. Semahal apapun harga kursi kerja Anda jika tidak sesuai dengan meja kerja akan berpengaruh terhadap nuansa bekerja Anda. Menyesuaikannya dengan meja kerja bukan berarti membuat Anda harus membeli meja kerja yang baru namun Anda harus memperhatikan detail meja yang akan Anda gunakan untuk bekerja tersebut. Ukur meja dan tinggi meja tersebut, jika Anda bekerja menggunakan laptop usahakan jika laptop Anda sejajar dengan mata atau pandangan Anda.

2. Sandaran kepala
Tips memilih kursi kerja yang bisa diperhatikan selanjutnya adalah bisa mempertimbangkan kursi yang disertai dengan sandaran kepala. Sandaran kepala ini bisa Anda jadikan pilihan jika setiap harinya Anda harus bekerja dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari 8 jam. Dengan sandaran kepala dan juga leher ini akan menghindarkan Anda dari otot leher dan kepala yang kaku. Kursi dengan sandaran kepala ini juga akan membuat Anda lebih rileks.

3. Layanan after sales
Tips terakhir adalah pilih yang menawarkan layanan after sales atau garansi sehingga jika Anda mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan sebelumnya Anda akan mengajukan klaim atau komplain kepada penjual.

Bagi Anda yang ingin membeli kursi kerja yang berkualitas Anda bisa mengakses Rupa-Rupa. Rupa-Rupa menjadi platform e-commerce dan home living terbaik di Indonesia. Di sini Anda akan menemukan berbagai macam peralatan rumah tangga yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan Anda berbelanja di sini adalah Anda akan mendapatkan promo-promo yang menarik selain itu juga banyak diskon besar-besaran yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Anda juga akan mendapatkan penawaran produk kursi yang lengkap yang bisa disesuaikan dengan budget Anda. Demikianlah beberapa pertimbangan dan tips memilih kursi kerja yang bisa Anda lakukan, dan jangan lupa berbelanja di Rupa-Rupa sekarang juga, banyak diskon dan promo menarik yang siap menanti Anda.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads