alexametrics

AirAsia Raih Rating Tertinggi Maskapai Berstandar Protokol Covid-19

25 November 2020, 22:49:53 WIB

JawaPos.Com – AirAsia Group meraih peringkat tertinggi atau tujuh bintang penuh untuk Covid-19 Health Ratings yang diberikan oleh para ahli aviasi di Airlineratings.com. Peringkat ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap penerapan inovasi-inovasi yang membuat penerbangan menjadi lebih lancar, higienis, dan menerapkan standar protokol Covid-19.

Sebagaimana dijelaskan pada situs Airlineratings.com, penilaian dilakukan berdasarkan tujuh kriteria termasuk informasi prosedur Covid-19. Tujuh kriteria itu adalah penggunaan masker, perlengkapan pelindung diri untuk para awak pesawat, penyesuaian layanan makanan dalam pesawat, pembersihan pesawat secara rutin, penyediaan perlengkapan sanitasi, dan pembatasan sosial di dalam pesawat.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan penilaian ini akan mempermudah masyarakat dalam menentukan pilihan untuk mendukung kebutuhan perjalanannya.

“Kami akan terus berinovasi dalam memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan yang menginginkan rasa aman selama penerbangan,” ungkapnya Rabu (25/11).

Veranita menjelaskan saat ini tamu AirAsia dapat terdapat pengaturan tempat duduk sesuai kapasitas yang ditetapkan pemerintah. Prosedur masuk pesawat dimulai dari zona belakang, keluar pesawat per tiga baris dimulai dari depan, serta proses pemeriksaan yang minim sentuhan.

Sebelumnya, AirAsia telah mengumumkan inovasi terbaru Scan2Fly. Inovasi ini merupakan sebuah teknologi yang dapat menentukan kelayakan penumpang untuk terbang sebelum pelanggan tiba di bandara. Termasuk untuk proses verifikasi dokumen persyaratan kesehatan yang diperlukan secara real time. Dengan Scan2Fly, tamu AirAsia dapat memindai dan mengunggah surat keterangan kesehatan pada saat proses check-in.

Fasilitas ini juga dapat menentukan apakah penumpang telah memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk melakukan perjalanan oleh pihak otoritas, serta apakah surat keterangan bebas Covid-19 yang digunakan masih berlaku.

Setelah mengunggah dokumen persyaratan, tamu dapat langsung menerima laporan otomatis dengan status diterima atau ditolak termasuk alasannya jika ditolak.

Editor-in-Chief Airlineratings.com, Geoffrey Thomas mengatakan awalnya sangat mengkhawatirkan bahwa masih banyak maskapai yang tidak memenuhi standar keselamatan Covid-19 yang ditetapkan.

“AirAsia merupakan salah satu maskapai yang sejak awal secara agresif telah menerapkan semua rekomendasi,” ucapnya.

Rekomendasi yang digunakan Airlinerating.com berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh International Air Transport Association (IATA), International Civil Aviation Organisation (ICAO) dan World Health Organization (WHO).

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Ferlynda Putri Sofyandari


Close Ads