JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sri Mulyani: Defisit Transaksi Berjalan Indonesia Seperti Sakit Demam

24 September 2018, 14:50:40 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Sri Mulyani: Defisit Transaksi Berjalan Indonesia Seperti Sakit Demam
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) Indonesia saat ini terus membesar. Kondisi itu lantas menjadi ancaman bagi perekonomian dalam negeri apabila tidak diantisipasi dengan baik. 

Bahkan, tahun ini CAD diperkirakan akan mencapai USD 25 miliar. Angka itu meningkat dibanding tahun sebelumnya yang sebesar USD 17 miliar. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, masih banyak waktu bagi pemerintah dan semua pihak untuk mengurangi laju CAD tersebut. 

Dirinya meminta kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), pengusaha serta lembaga dan kementerian terkait agar terus mendorong ekspor dari dalam negeri.

"We had to prepare bagaimana caranya untuk mendorong ekspor lebih baik lagi," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (24/9).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, pihaknya siap membantu peningkatan tersebut melalui kebijakan-kebijakan yang memudahkan upaya ekspor.

Diharapkan, kedepannya defisit transaksi berjalan bisa mengecil bahkan menjadi surplus. Dia bahkan mengibaratkan CAD Indonesia saat ini seperti orang sakit demam.

"Tahun depan turun lagi USD 17 billion tapi bukan impornya, tapi ekspornya naik.

Hal ini kan sama seperti orang sakit demam, karena nggak bisa keluar (rumah) dulu, maka kita turunkan demamnya," jelas dia.

"Maka kita ingin melihat semua perbaikan," tutupnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up