alexametrics

Bank Dunia-RI Sepakati Kemitraan hingga 2025, di Bidang Apa Saja?

15 Mei 2021, 15:05:41 WIB

JawaPos.com – Bank Dunia menyetujui kerangka kerja kemitraan atau country partnership framework (CPF) dengan Indonesia. Kesepakatan baru tersebut berlaku untuk periode 2021–2025.

Tujuan kerja sama itu adalah mendorong upaya pemulihan ekonomi akibat persebaran virus SARS-CoV-2. Juga mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif pada masa mendatang.

“Melalui kerangka kerja ini, grup Bank Dunia akan melanjutkan kemitraannya dengan Indonesia dan mendukung upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi,” ungkap Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa belum lama ini.

Dia berharap Bank Dunia bisa membuat Indonesia kian dekat pada tujuan-tujuan terkait dengan pertumbuhan inklusif. Selain itu, Indonesia harus bisa membangun kelas menengah yang tangguh supaya selanjutnya bisa masuk kelompok negara-negara berpenghasilan tinggi.

Victoria mengatakan, CPF baru itu disusun dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Kerangka kerja samanya disesuaikan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN).

CPF itu berfokus pada empat bidang kerja sama. Yang pertama adalah memperkuat daya saing dan ketahanan perekonomian.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/c19/hep)

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads