alexametrics

Parade Tari Jarak Jauh Mengundang

11 April 2020, 23:13:18 WIB

JawaPos.com – Dirjen Kebudaaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Seni Tari Indonesia menggelar Distance Parade atau Parade Jarak Jauh yang menawarkan pertunjukan tari daring. Parade tari jarak jauh ini merupakan siasat merespons situasi mewabahnya Covid-19 sekaligus bentuk solidaritas kepada para penari agar dapat tetap berkarya walau harus berhadapan dengan pembatasan sosial.

Undangan parade tari jarak jauh terbuka untuk para pelaku tari seperti penari, koreografer, hingga guru tari. Detil syarat dan ketentuan memenuhi undangan terbuka ini dapat dilihat melalui akun Instagram Seni Tari Indonesia. Rencananya, sebanyak 40 karya tari tunggal yang terpilih akan disiarkan melalui media sosial Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Siaran daring tersebut juga dilengkapi dengan satu program diskusi.

Parade tari jarak jauh ini dibingkai dalam tema yang kontekstual dengan situasi kini di mana muncul kelumrahan baru saat tubuh dihadapkan pada pembatasan sosial. Ada tarik menarik, jalinan, dan kelindan antara yang individu dan komunal. Juga antara yang sosial dan personal. Sensibilitas terhadap tubuh, ruang, dan hubungan personal-komunal menjadi berubah. Ruang personal seperti rumah lantas punya makna sosial yang lain.

Undangan ini terbuka untuk semua pelaku tari berumur sekurangnya 20 tahun. Tidak ada batasan genre tari dan karya yang dikirimkan wajib tidak mengandung pronografi maupun SARA. Lalu, durasi karya dibatasi maksimal tujuh menit. Musik dalam karya juga wajib tidak melanggar hal cipta pada laman media sosial seperti Youtube, Intagram, Facebook, dan lain-lain. (tir)

 

Editor : tir

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads