alexametrics

Pandemi Korona Batalkan 181 Acara Seni

6 April 2020, 21:37:14 WIB

JawaPos.com – Hingga 3 April 2020 lalu Koalisi Seni Indonesia mencatat ada 181 acara seni budaya telah dibatalkan seiring pandemi Korona. Angka tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat kemungkinan pembatalan masih akan terus bermunculan hingga situasi membaik. Koordinator Advokasi Koalisi Seni Hafez Gumay mengungkapkan hal itu dalam diskusi virtual Menjaga Nyala Seni Semasa Pandemi, Senin (6/4).

’’Makin ke sini, acara-acara berjadwal setelah lebaran juga banyak yang dibatalkan,’’ katanya. Hafez menyebut riset pemetaan dampak Covid-19 terhadap acara-acara seni budaya tersebut mendapati panggung seni musik yang paling banyak mengalami pembatalan. Ada 98 konser, tur, dan festival musik yang batal akibat musim Korona. Lalu, terdapat 34 pertunjukan teater, pantomim, wayang, boneka dan dongeng yang juga urung naik panggung.

Wabah Korona juga membatalkan 18 pameran seni rupa; 21 proses produksi, rilis, dan festival film. Dalam catatan Hafez, masih ada 9 pertunjukan tari dan satu acara sastra yang membatalkan jadwal. ’’Koalisi Seni mengusulkan kepada pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan bagi para pekerja seni,’’ katanya. Bantuan tersebut juga dapat berupa kebijakan memudahkan pekerja seni tetap dapat memproduksi karya selama krisis.

Dalam paparan diskusinya, Hafez memberi bandingan kebijakan sejumlah negara dalam merespons imbas Covid-19 bagi dunia seni budaya. Di Australia, pemerintah Queensland menyiapkan dana AUD 8 juta. Lalu, di Hongkong pemerintah menyalurkan HKD 150 juta untuk mitigasi dampak finansial pembatalan acara seni, termasuk bantuan untuk para pekerjanya. Negara lain yang juga megalokasikan dana khusus untuk bidang seni budaya terdampak Covid-19 adalah Singapura dengan alokasi anggaran sebanyak SGD 1,6 juta. (tir)

 

 

Editor : tir



Close Ads