alexametrics

3 Tips Cegah Kamar Mandi Agar Jangan Bocor dan Rembes

27 Februari 2020, 12:10:56 WIB

JawaPos.com – Kamar mandi merupakan bagian yang penting dari suatu rumah meskipun keberadaannya seringkali di belakang atau pojok rumah. Faktanya dalam satu hari setiap orang rata-rata ke kamar mandi bisa lebih dari 4 kali dalam sehari.

Aktivitas yang biasa dilakukan mulai dari mandi atau berendam, buang air, mencuci muka, menyikat gigi, merias diri bahkan ada juga yang mendapatkan ide briliannya di kamar mandi. Supaya aktivitas dalam kamar mandi semakin nyaman maka penting bagi kamu untuk memastikan bahwa kamar mandi tidak bocor dan rembes.

Apalagi saat ini sedang musim hujan. Tak ada salahnya Anda mulai mencegah kebocoran. Setidaknya, ada 3 cara cegah bocor di kamar mandi agar tetap nyaman dan bersih.

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan kamar mandi Kamar mandi yang kotor akan menjadi sumber penyakit, jangan biarkan kuman dan bakteri bersarang di sana. Bersihkan kamar mandi hingga ke celah-celah keramik. Gunakan juga cairan pembersih yang tidak terlalu keras agar tidak merusak bagian kamar mandi. Selain itu, perhatikan juga sirkulasi udara agar kamar mandi tidak lembab.

3. Periksa Bagian Kamar Mandi Secara Berkala

Bila menemukan adanya bagian kamar mandi yang retak, pecah ataupun karat segera tangani mulai dari peralatan sederhana yang ada di rumah hingga minta bantuan pada ahlinya. Permasalahan kecil tersebut bisa menjadi bencana bila dibiarkan secara terus-menerus. Contohnya seperti kamar mandi di lantai dua yang rembes hingga ke ruang di lantai bawah, membuat lembab ruangan di sekitarnya dan menimbulkan noda bekas rembes.

4. Gunakan Pelapis Anti Bocor

Pelapis anti bocor memang lebih dikenal diaplikasikan di atap dan dinding luar rumah untuk mengantisipasi bocor dan rembes karena hujan. Namun , untuk kamar mandi dan area basah lainnya, bahan pelapis anti bocor yang lebih cocok adalah pelapis anti bocor berbahan semen.

Pilih produk yang diformulasikan khusus dari dua komponen yakni komponen bubuk dengan bahan dasar campuran semen dan komponen cair dengan bahan dasar emulsi polimer sintetis. Misalnya dengan teknik flexible cementitious sangat cocok diaplikasikan di area kamar mandi karena kedap air, fleksibel, daya lekat tinggi, tahan lama dan kuat. Pengaplikasian sebaiknya dilakukan sejak pertama kali membangun rumah. Namun apabila sudah terlanjur mengalami masalah rembes dan bocor tetap dapat mengaplikasikan waterproofing.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads