alexametrics

Batal Jadi Ibu Kota Baru, Kalteng Bersiap Menjadi Daerah Penyangga

31 Agustus 2019, 20:40:38 WIB

JawaPos.com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengubur mimpi soal daerahnya menjadi ibu kota negara (IKN). Dia sudah melupakan harapan provinsi yang dipimpin menjadi pusat pemerintahan negara.

Lebih dari itu Sugianto Sabran memberi ucapan selamat kepada Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang sudah dipilih sebagai ibu kota negara (IKN). Selanjutnya dia akan meminta petunjuk ke kementerian untuk mematangkan berbagai persiapan sebagai daerah penyangga dari kebutuhan ibu kota yang akan dibangun di Kaltim.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (Pemprov Kalteng for JawaPos.com)

Sugianto mengatakan, Kalteng kini bersiap-siap ikut berkontribusi dalam pembangunan di berbagai sektor. Terutama akan fokus pada infrastruktur, bidang pertanian secara luas, peternakan, perikanan dan bidang lainnya.

Ke depan, Kalteng akan membuat perencanaan yang matang dengan mendatangkan tim ahli bersama tim riset provinsi dan lain-lain serta meminta petunjuk melalui berbagai kementerian.

“DAS Barito jika dijadikan daerah penyangga akan ada manfaatnya. Di samping itu kita harus berbenah diri, dimana sesungguhnya kekurangan yang dimiliki,” tuturnya.

Sugianto Sabran mengatakan, walaupun Kalteng tidak ditunjuk sebagai ibu kota, dirinya tetap mengucapkan syukur alhamdulilah karena telah ditetapkan Kaltim sebagai ibu kota baru ke depan.

“Kita tentu mengapresiasi dan menyambut gembira semuanya ini. Semoga dengan ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota negara, menjadi berkah bagi Kalimantan, dan masyarakat Indonesia lebih maju serta bermartabat,” ucapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM




Close Ads