alexametrics

JFW 2021 Jadi Bukti Pandemi Tak Halangi Kreativitas Desainer

22 November 2020, 10:26:59 WIB

JawaPos.com – Menandai perjalanan 13 tahun berkiprah di dunia fashion Asia, Jakarta Fashion Week hadir dengan konsep yang berbeda di tahun ini. Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 yang diselenggarakan pada 26–29 November 2020, beradaptasi dengan gaya hidup baru di tengah pandemi Covid-19.

Proses produksi JFW 2021 dilakukan di Senayan City, dengan mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19. Seluruh rangkaian acara JFW 2021 hadir secara virtual melalui platform digital, seperti live stream melalui microsite JFW.TV, kanal media sosial resmi Jakarta Fashion Week, dan platform digital para partner.

Jakarta Fashion Week 2021 juga menjadi perhelatan fashion pertama di Indonesia yang disiarkan secara live melalui TikTok. Adaptasi dengan gaya hidup baru tidak menyurutkan antusiasme para desainer untuk menampilkan sejumlah karya terbaik pada Jakarta Fashion Week 2021. Karena itu, JFW 2021 mengusung kampanye Inspiring Creativism, sebagai cerminan bahwa situasi sulit yang terjadi saat ini tidak menjadi halangan bagi para pelaku mode Indonesia untuk tetap berkarya.

“Pandemi bukan merupakan momen bagi kita untuk menyerah, terutama bagi insan-insan kreatif, khususnya di dunia fashion Indonesia,” kata kata CEO GCM Group Svida Alisjahbana, dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Sebaliknya, kata dia, dunia mode dapat mengubah pandemi menjadi momen yang penuh harapan. Sebab di dalamnya ada tantangan untuk menciptakan berbagai inovasi baru, ada dorongan semangat untuk mencari jalan menuju arah yang lebih potensial. Serta para desainer dan industri fashion memiliki jiwa kebangkitan dan rasa kebersamaan serta kepedulian yang lebih kuat dibandingkan masa-masa sebelumnya.

Berangkat dari antusiasme dan kreativitas inilah, puluhan desainer berbakat serta label ternama memamerkan koleksi di Jakarta Fashion Week 2021. Para desainer dan label tersebut adalah Ai Syarif 1965, Albert Yanuar, Amotsyamsurimuda, Bateeq, Batik Chic, Bima Wijaksana, Calla The Label, ETU, Eureka, Everyday, HAM! Jeansku, Hattaco, Iwan Tirta Private Collection, Jan Sober, Jenahara, Kami, Lekat, Nadjani, Pijakbumi, SARE Studio, Super Sentimental Secret Theory, Tities Sapoetra, Toton, Warning Clothing, Wilsen Willim, Yosafat Dwi Kurniawan, 3Mongkis, hingga Rinaldy Yunardi lewat lini Refounders.

Tahun ini, Rr. Ayu Maulida Putri (Puteri Indonesia 2020), Putu Ayu Saraswati (Puteri Indonesia Lingkungan 2020), Jihane Almira Chedid (Puteri Indonesia Pariwisata 2020), bersama Jakarta Fashion Week 2021 Icons, Maria Karina dan Rizal Rama tampil di runway JFW 2021. Mereka akan membawakan koleksi terbaik para desainer.

JFW 2021 bersama Mandiri Private menampilkan sebuah peragaan khusus sebagai tribute untuk desainer kebanggaan Indonesia, Barli Asmara. Kompetisi Lomba Perancang Mode Menswear dan Lomba Perancang Aksesori kembali diselenggarakan, begitu pula dengan ajang penghargaan Fashion Force Award. Sementara itu, Dewi Fashion Knights akan menjadi penutup rangkaian acara JFW 2021 di hari terakhir.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads