JawaPos Radar

Kereta Cepat Hanya Butuh Waktu 40 Menit dari Hongkong ke Tiongkok

24/09/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kereta cepat hongkong-tiongkok, tiongkok,
Kereta The Express Rail Link menghubungkan Hong Kong ke kota-kota di Tiongkok di bagian selatan Guangzhou hanya dalam waktu 40 menit (Xinhua)
Share this image

JawaPos.com - Kereta berkecepatan tinggi diluncurkan di Hong Kong akhir pekan kemarin. Kereta tersebut menghubungkan Hong Kong dengan wilayah daratan Tiongkok. Kereta ini sudah ditunggu-tunggu oleh warga di kedua wilayah tersebut untuk memudahkan perjalanan bisnis maupun wisata.

Kereta The Express Rail Link menghubungkan Hong Kong ke kota-kota di Tiongkok di bagian selatan Guangzhou hanya dalam waktu 40 menit. Ini merupakan upaya untuk menghemat waktu perjalanan dari sebelumnya. 

Menggunakan kereta cepat itu perjalanannya setengah waktu yang ditempuh oleh kereta yang lebih tua. Ini merupakan kemajuan yang menggembirakan kedua belah pihak.

Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup) dikutip dari BBC, pihak berwenang Tiongkok dapat beroperasi di pos pemeriksaan gabungan di stasiun, dan di kereta.

Chief Executive Hong Kong Carrie Lam yang ikut dalam peresmian di Stasiun West Kowloon mengatakan, jaringan kereta itu akan menghubungkan tiga kota terkemuka yang mengalami perkembangan pesat.

Namun peresmian jalur kereta cepat itu menuai kritik yang menyebut bahwa jalur kereta telah melanggar kebebasan dan konstitusi mini Hong Kong. Sebab  ini pertama kalinya hukum pidana Tiongkok akan diberlakukan di wilayah Hong Kong. 

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up