alexametrics

Aset Tembus Rp 8.902 T, BUMN Setor Dividen dan Pajak Rp 422 T ke Negara Pada 2018

15 April 2019, 07:16:25 WIB

JawaPos.com – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan patut diperhitungkan bukan hanya di kawasan Asia Tenggara, tetapi di dunia. Data Kementerian BUMN mencatat aset seluruh BUMN dalam 4 tahun terakhir sejak 2015 hingga 2018 tumbuh rata-rata 12%. Tahun 2018 lalu, aset BUMN mencapai Rp 8.092 triliun naik sebesar 12 persen dibandingkan tahun 2017.

“Peningkatan aset ini didukung oleh peningkatan laba, dan manajemen perusahaan yang teruji menghadapi tantangan perkembangan ekonomi yang ada,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam keterangannya di peringatan HUT BUMN di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4).

Menurut Rini peningkatan aset juga mendukung kontribusi BUMN terhadap penerimaan Negara untuk mendukung pembangunan. Tahun 2018, kontribusi BUMN terhadap penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp 422 triliun baik dalam bentuk dividen, pajak maupun penerimaan Negara bukan pajak.

Angka ini lebih tinggi atau naik sekitar 19% dibandingkan tahun 2017 yang mencapai Rp 354 triliun. Pun kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara terus tumbuh. Dalam empat tahun terakhir rata-rata sebesar 11,68%.

Menteri Rini beserta jajarannya dan 52 Direksi serta Komisaris BUMN hadir untuk menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras para insan BUMN atas kontribusinya terhadap kemajuan BUMN.

“Dalam banyak waktu dan kesempatan BUMN terus berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat di seluruh Indonesia. Semoga apa yang telah kami lakukan bisa lebih mengakrabkan dan menghangatkan hubungan BUMN dengan masyarakat, dan memberi manfaat untuk masyarakat,” papar Rini.

“Kami optimistis kinerja BUMN akan lebih baik, kekuatan sinergi semakin jelas dan kami on the track untuk mewujudkan holding di BUMN agar organisasi lebih ramping dan menjalankan bisnis lebih cepat dalam mengejar hasil usaha maksimal untuk akhirnya kita kembalikan kepada masyarakat,” paparnya Rini.

Dalam seluruh rangkaian HUT BUMN tersebut para milenial BUMN senantiasa dilibatkan dengan misi khusus oleh Kementerian BUMN. Di depan para milenial, Rini berpesan agar para generasi milenial yang bekerja di BUMN harus kreatif, inovatif dan berani menyuarakan pemikiran untuk membuat BUMN besar dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan.

Sementara itu Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang juga Direktur Utama Bank BTN Maryono mengungkapkan HUT ke 21 BUMN kali ini memiliki makna kebersamaan, sinergi dan prestasi.

“Adanya kebersamaan, sinergi, prestasi yang telah terwujud makanya kedepan kami akan mengembangkan lebih cepat lagi, sehingga BUMN dapat menjadi roda pembangunan yang paling terdepan,” tegasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri