Senin, 23 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Teknologi

Kepincut Huawei, iPhone dengan 3 Kamera Meluncur Tahun Depan?

| editor : 

iPhone tiga kamera, iPhone X

iPhone X dengan dual kamera utama (iMore)

JawaPos.com – Persaingan antarvendor smartphone semakin sengit. Semua saling beradu fitur dan spesifikasi. Jika belakangan banyak vendor meniru desain layar dengan takik atau lekukan ‘notch’ dari Apple dengan iPhone X-nya, kini giliran Apple yang kepincut desain kompetitornya.

Bukan dari sektor layarnya, melainkan fitur tiga (triple) kamera sekaligus. Seperti JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Rabu (11/4), raksasa teknologi yang dirintis mendiang Steve Jobs itu tengah merancang ponsel terbarunya dengan tiga kamera sekaligus. Kabarnya, ponsel tersebut bakal meluncur pada tahun depan.

Sejatinya ponsel dengan konfigurasi tiga kamera utama sekaligus pertama kali hadir dibawa oleh Huawei P20 Pro. Huawei P20 Pro hadir mengusung performa kamera ‘gila’. Mengapa gila? Sebab, kamera yang dimilikinya menggunakan lensa utama 40 MP f/1.8, 20 MP f/1.6 lensa monochrome, dan 8 MP f/2.4 telephoto lens dengan 3x optical zoom.

Huawei P20 Pro, iPhone tiga kamera,

Ponsel dengan tiga kamera utama Huawei P20 Pro. (GadgetNDTV)

Rumor Apple akan meluncurkan new iPhone dengan tiga kamera utama pada produknya pertama kali diembuskan Economic Daily News Taiwan. Jika benar demikian, boleh dibilang bahwa tren tiru-meniru kini menjadi lazim dilakukan oleh vendor teknologi smartphone. Artinya, kalau dulu iPhone dengan seri iPhone X-nya ditiru oleh vendor lain, kini giliran mereka yang kepincut meniru vendor lain.

Gosip lainnya menyebut bahwa tiga kamera yang akan dibawa new iPhone 2019 mendatang akan memiliki desain lensa 6P dengan zoom 5x. Namun, hal ini juga belum jelas apakah akan berkaitan dengan optical, digital, atau hybrid zoom.

Terlepas dari gosip yang berembus di jagat maya, menghadirkan opsi kamera lebih dari satu atau dua tentu berimbas baik pada hasil yang didapat. Terbukti, Huawei dengan P20 Pro-nya memiliki penilaian yang baik di situs pengujian DxO Mark.

DxOMark mengganjar Huawei P20 Pro dengan nilai 109. Nilai tersebut jauh meninggalkan Samsung Galaxy S9 Plus yang hanya sanggup mencetak angka 99. Prestasi yang dicapai oleh Huawei ini diperoleh berkat angka performa sang perangkat saat digunakan untuk memotret gambar.

Huawei P20 memperoleh angka 114, sedangkan Galaxy S9 Plus mendapatkan nilai 104. Sementara untuk kualitas perekaman video dari Huawei P20 Pro juga terukur cukup tinggi pada angka 98. Angka ini melampaui skor 91 yang dikumpulkan oleh Galaxy S9 Plus.

Merujuk data tersebut, rasanya tidak salah bahwa pabrikan sekelas Apple merilis opsi tiga kamera utama pada produk smartphone yang akan diluncurkannya nanti. Hal ini melihat opsi tiga kamera utama pada produk Huawei diganjar skor tinggi oleh DxOMark.

(ryn/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP