alexametrics

Rekam Jejak Risma dari Wali Kota Surabaya Hingga Dipilih Jadi Mensos

22 Desember 2020, 17:13:00 WIB

JawaPos.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Peter Batubara yang saat ini ditahan di rutan KPK gara-gara kasus korupsi bansos Covid-19.

Tri Rismaharini yang biasa dipanggil Risma ini lahir di Kediri, Jawa Timur 20 November 1961 silam. Ia adalah anak perempuan dari pasangan M Chuzuzaini dan Siti Muajiatun. Risma menikah dengan Ir. Djoko Saptoadji dan dikaruniai dua anak Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji.

Pada saat masa kecilnya, Risma sekolah di SD Negeri Kediri, dan setelah lulus SD Risma melanjutkan SMP-nya tidak lagi di Kediri, tetapi di SMP Negeri 10 Surabaya pada tahun 1976. Kemudian Risma melanjutkan pendidikan di SMA 5 Surabaya dan lulus pada tahun 1980.

Setelah lulus SMA, Risma memilih untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, ia mengambil S1 jurusan arsitek di Instititut Teknologi Sepuluh November, (ITS) Surabaya dan kemudian setelah lulus dia mengambil S2 jurusan Managemen Pembangunan Kota di kampus yang sama.

Baca Juga: Tepat Rabu Pon, 6 Menteri Baru Jokowi Bakal Dilantik di Istana

Baca Juga: Prabowo Sudah Restui Sandiaga Uno Jika Dipilih Jokowi Jadi Menteri

Kariernya lalu berlabuh di pegawai negeri sipil (PNS). Pada usia 36 tahun, Risma menjadi Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya. Setelah itu, dia menjadi Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang serta Kepala Cabang Dinas Pertamanan.

Kariernya terus meroket, Risma lalu pindah sebagai kepala Bagian Bina Bangunan, Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan, hingga menjadi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Prestasi Risma di birokrasi menarik Partai Demokras Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk dicalonkan menjadi wali kota Surabaya.

Sejak menjadi Wali Kota Surabaya mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai kategori. Tak hanya itu, Risma sebagai walikota pun mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya pada tahun 2014 Risma mendapat penghargaan Mayor of the Month dan di tahun 2015 menjadi wali kota terbaik ke-3 di Dunia.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads