alexametrics

Antrean Konsultasi Dokter Membeludak, Rawan Penularan Covid-19

23 Oktober 2021, 23:22:47 WIB

JawaPos.com – Dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr Jeffri Aloys Gunawan SpPD mengungkapkan sejumlah tantangan dunia medis saat pandemi Covid-19. Diantaranya adalah antrian konsultasi dengan dokter yang membludak. Sehingga menimbulkan resiko penularan Covid-19.

Dokter yang akrab disapa Jeff itu mengatakan antrian tidak hanya pasien yang ingin berkonsultasi dengan dokter saja. Tetapi juga antrian pasien yang melakukan terapi dan pengambilan obat rujukan dari dokter. “Ada saja pasien yang harus mengantre panjang untuk CT Scan karena keterabatasn biaya,” katanya Sabtu (23/10). Bahkan ada juga yang bolak balik ke rumah sakit untuk mengambil obat.

Padahal menurut dia dengan bolak balik ke rumah sakit di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, bisa menyebabkan seseorang kelelahan dan imunitasnya turun. Kemudian mereka berpotensi terinfeksi Covid-19. Antrian pelayanan medis di tengah pandemi itu mencerminkan pelayanan kesehatan di Indonesia masih terdapat kekurangan secara kuantitas.

Menurut dia menghadapi tantangan dunia medis di tengah pandemi itu, dibutuhkan lompatan teknologi. Sehingga bisa memberikan kemudahan akses layanan fasilitas kesehatan untuk masyarakat.

“Terutama di masa-masa pandemi seperti ini,” jelasnya. Diantara lompatan teknologi yang memiliki peran di dunia medis saat ini adalah telemedicine atau telekonsultasi.

Evan Tanotogono selaku CEO dan Co-Founder startup health insurtech Rey mengatakan keterbatasan masyarakat mengakses fasilitas layanan kesehatan menghadirkan solusi layanan telekonsultasi. Menurut dia di masa pandemi seperti sekarang ini, semakin banyak masyarakat atau pasien yang memanfaatkan layanan telekonsultasi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan




Close Ads