alexametrics

Pemudik Diperkirakan Kembali ke Kota Setelah Pelarangan Mudik Selesai

17 Mei 2021, 10:56:02 WIB

JawaPos.com – Para pemudik tampaknya belum semua melakukan perjalanan balik. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan, masyarakat cenderung akan melakukan perjalanan jauh setelah pemberlakuan kebijakan pelarangan mudik Lebaran berakhir.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, hal itu terlihat dari pergerakan orang yang kembali ke Jabodetabek hingga saat ini masih belum signifikan. Baik di Pelabuhan Bakauheni, ataupun di Balonggandu, Karawang.

Bahkan, menurutnya secara kuantitatif pergerakan orang pada hari terakhir libur lebaran ini masih di bawah 60 persen. Sehingga, pihaknya akan tetap melakukan pengetatan pengawasan arus perjalanan setelah periode libur Lebaran.

Baca Juga: Pemudik Diimbau Sudah Tes Antigen Sebelum ke Pelabuhan

“Mengingat masa peniadaan mudik berakhir di esok hari, dan lusa tidak adalagi peniadaan mudik. Kita harus tetap melakukan pengetatan,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (17/5).

Ia juga telah menugaskan Dirjen Perhubungan Darat untuk melakukan koordinasi dengan Kakorlantas Polri terkait segala hal kebijakan yang akan diambil. “Karena masih masyarakat yang di luar daerah,” imbuhnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads