alexametrics

Menuju Pertanian Modern, Kementan Kirim Alsintan untuk Petani Kediri

5 September 2021, 19:55:54 WIB

JawaPos.com – Dua kelompok tani di Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim) menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa hand traktor. Bantuan yang diterima Kelompok Tani Maju Mapan dan Kelompok Tani Sido Makmur itu diserahkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Diketahui, Kabupaten Kediri merupakan salah satu wilayah yg menerapkan mekanisasi pertanian dengan penggunaan alsintan, sehingga poktan mampu mengembangkan budidaya pertanian di Kabupaten Kediri secara optimal dari hulu hingga hilir.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, alsintan merupakan mekanisasi pertanian yang kehadirannya tak dapat lagi dihindarkan. Alsintan menjadi penanda bahwa sektor pertanian telah bermetamorfosa dari pola tradisional ke arah yang lebih modern.

“Di era 4.0 ini, alsintan menjadi penanda semakin berkembang pesatnya teknologi pertanian Indonesia dan modernisasi pertanian telah diterapkan. Tak hanya sekadar penanda, alsintan juga mendorong peningkatan produktivitas yang orientasinya adalah kesejahteraan petani itu sendiri,” tutur Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil meyakini bahwa kehadiran alsintan dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab, menurutnya, berbagai macam jenis dan kegunaan alsintan sangat bermanfaat dalam membantu budi daya pertanian.

“Misalnya dalam mengolah lahan, penggunaan traktor roda dua dan traktor roda empat mampu menghemat waktu dan biaya produksi. Pada saat panen raya, alsintan mampu meningkatkan produktivitas budidaya petani,” kata Ali.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads