alexametrics

Presiden Jokowi Sebut DPD RI Simbol Persatuan dan Kesatuan Bangsa

2 Oktober 2021, 15:48:54 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut DPD RI sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu disampaikan Presiden secara virtual saat HUT ke-17 DPD RI, Jumat (1/10/2021).

Presiden Jokowi juga menilai DPD RI mempunyai posisi dan kontribusi yang sangat penting serta strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“DPD RI adalah representasi bangsa yang majemuk, sebagai penyalur aspirasi berbagai suara yang tersebar di berbagai pelosok negeri, sekaligus sebagai simpul utama kesatuan dan persatuan bangsa yang kokoh,” katanya.

Karena itu, Jokowi mengajak DPD RI dan lembaga negara lainnya untuk meningkatkan eksistensi. Apalagi, harapan dan ekspektasi masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air semakin tinggi. “Ini membutuhkan respon kelembagaan yang cepat,” ujar dia.

Hanya saja, Presiden mengingatkan jika dibutuhkan cara-cara baru untuk menghadapi situasi yang berubah cepat akibat pandemi Covid-19.

“Situasi ekstraordinary saat ini, mengharuskan sistem ketatanegaraan dan pemerintah kita bekerja secara cepat, responsif dan fleksibel, tanpa mengesampingkan check and balancing,” tegasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM




Close Ads