alexametrics

Bukan Zona Merah Lagi, Jatim dan Jakarta Kini Risiko Sedang Covid-19

2 Maret 2021, 07:49:14 WIB

JawaPos.com – Kabar baik bagi dua provinsi di Indonesia yang selama ini sempat masuk zona merah Covid-19 sejak awal pandemi. Yaitu DKI Jakarta dan  Jawa Timur. Kini kedua provinsi itu sudah masuk kategori zona oranye atau berisiko sedang.

Satgas Covid-19 memperbarui perkembangan peta zona risiko penularan di Indonesia. Zona risiko tinggi atau zona merah di Indonesia pun mengalami penurunan.

Peta zona risiko tersebut dipublikasikan melalui situs covid19.go.id. Zonasi risiko tersebut diperbarui sejak 21 Februari 2021 seperti dirangkum JawaPos.com, Selasa (2/3)

Menariknya data terlihat berubah pada provinsi Jatim dan DKI Jakarta. Satgas Covid-19 membagi daerah menjadi zona merah yakni risiko tinggi, zona oranye yakni risiko sedang, dan zona hijau risiko rendah.

“Peta Zonasi Risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan,” ujar pernyataan Satgas Covid-19.

Indikator-indikator yang digunakan adalah salah satunya penurunan jumlah kasus positif dan probable pada minggu terakhir sebesar ≥50 persen dari puncak. Penurunan jumlah kasus suspek pada minggu terakhir sebesar ≥50 persen dari puncak.

Penurunan jumlah meninggal kasus positif dan probable pada minggu terakhir sebesar ≥50 persen dari puncak. Penurunan jumlah meninggal kasus suspek pada minggu terakhir sebesar ≥50 persen dari puncak.

Penurunan jumlah kasus positif & probable yang dirawat di RS pada minggu terakhir sebesar ≥50 persen dari puncak.  Penurunan jumlah kasus suspek yang dirawat di RS pada minggu terakhir sebesar ≥50 persen dari puncak. Persentase kumulatif kasus sembuh dari seluruh kasus positif dan probable dan lainnya.

Lalu juga didukung jumlah pemeriksaan sampel diagnosis meningkat selama 2 minggu terakhir. Positivity rate rendah (target ≤5 persen sampel positif dari seluruh orang yang diperiksa).

Berikut data di Jawa Timur yang masuk kategori zona risiko sedang yaitu hampir semua kabupaten kota. Hanya kabupaten Sampang yang masuk kategori zona rendah.

Sedangkan DKI Jakarta semuanya masuk dalam kategori zona sedang termasuk Kepulauan Seribu. Selain Jatim dan DKI Jakarta Satgas Covid-19 melaporkan ada 389 wilayah lain di Indonesia yang berada dalam zona oranye.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads