JawaPos Radar

Terminal Terboyo Resmi Ditutup, Calon Penumpang Gigit Jari

01/09/2018, 16:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Terminal Terboyo
Calon penumpang menunggu bus di dalam area Terminal Terboyo, Semarang, Sabtu (1/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Terminal Terboyo yang berada di Kecamatan Genuk, Semarang, Jawa Tengah, hari ini Sabtu (1/9) resmi ditutup. Banyak calon penumpang terlantar lantaran tidak tahu bahwa terminal tersebut sudah tak beroperasi dan akan dibangun menjadi Fasilitas Parkir Angkutan Barang. 

Pantauan JawaPos.com di lokasi, ada belasan calon penumpang yang awalnya terlihat menunggu angkutan di area terminal. Sebelum ada sejumlah petugas dari agen tiket yang kemudian menyarankan mereka untuk menunggu di pinggir Jalan Raya Kaligawe, karena memang bus ternyata tak lagi masuk ke terminal.

Rosalina, 23, seorang karyawan di salah satu sekolah menengah pertama swasta di Kota Semarang, mengaku sudah menunggu sekitar 15 menit sebelum diberitahu oleh petugas agen tiket. "Nggak tahu, ini mau ke Kudus. Barusan kata bapaknya agen tiket mending nunggu di pinggir jalan aja, soalnya bisnya lewat sana," katanya saat dijumpai di lokasi.

Terminal Terboyo
Calon penumpang menunggu bus di pinggir Jalan Raya Kaligawe, Semarang, Sabtu (1/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

Hal senada juga diutarakan Siswo, 21, mahasiswa Universitas Sultan Agung, Semarang. Beruntung, angkutan ojek online yang ia tumpangi saat itu belum pergi jauh. "Minggu kemarin juga masih mas, ini mau ke Pati," ujarnya sembari bergegas.

Di saat bersamaan terlihat pula, beberapa orang dengan tas punggung ukuran besar yang langsung meninggalkan area terminal begitu diberitahu oleh agen tiket di sana. "Ya dari saya datang jam 11 tadi sudah lumayan banyak yang kecelik," ujar Joko, 60, salah satu petugas agen tiket di sana. 

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang membenarkan bahwa armada bus kini tak lagi memasuki area Terminal Terboyo. Ia menyebut sosialisasi sebenarnya sudah dilakukan, namun dirinya menganggap wajar jika ada calon penumpang yang belum tahun terkait penutupan ini.

"Kami juga sebelumnya juga sudah infokan. Kalau bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dialihkan sepenuhnya ke Terminal Mangkang. Sedangkan, bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dialihkan ke Penggaron, dan angkutan kota ke Banjardowo. Sosialisasi lagi sambil jalan ya," ujarnya.

Meski begitu, Khadik berujar bahwa pihaknya tetap mengerahkan jajarannya guna menjaga Terminal Terboyo. Manakala, ada sopir atau calon penumpang yang belum tahu soal pengalihan bus dan angkutan umum ini.

Lebih jauh, Dishub turut menyediakan layanan bus shuttle bagi penumpang yang masih kebingungan saat mengetahui busnya tidak mengarah ke Terminal Terboyo. "Supaya tidak terlantar, sudah kita siapkan shuttle di Masjid Syekh Jumadil Kubro buat mengantarkan mereka," tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up