Batasi Kecepatan Maksimal dan Usia Pengguna Skuter Listrik

22 November 2019, 13:42:23 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menggodok regulasi operasional skuter listrik (e-scooter). Rencananya ada pembatasan usia pengguna, serta batas maksimal kecepatan skuter. Regulasi ini diperuntukan demi menjaga keselamatan pengguna.

“Kami sepakati (kecepatan, Red) untuk sementara 15 km/jam maksimum, dan usia pengguna untuk menjaga keamanan itu minimal 17 tahun,” kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (22/11).

Syafrin mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 2019 tentang lalu lintas. Dalam aturan tersebut, 17 tahun dianggap sudah memasuki usia dewasa.

Sementara itu, terkait batas kecepatan, dia menyebut aturan ini disesuaikan berdasarkan dengan bentuk dan tingkat keselamatan yang dimiliki skuter listrik. Menurutnya, dengan desain skuter yang sedemikian rupa, akan sangat berbahaya bagi penggunanya apabila dipacu terlalu kencang.

“Wajib juga menggunakan helm termasuknya di dalamnya pelindung siku dan lutut, dan ada pakaian yang malam hari digunakan itu memberika pantulan cahaya atau reflektor,” jelasnya.

Dinas Perhubungan, kata Syafrin, masih mengumpulkan pendapat dari stakeholder terkait untuk melakukan pembahasan terkait dengan peraturan penggunaan skuter listrik di ibu kota. “Setelah pemprov DKI menyiapkan kerangka regulasinya dan saat ini kita di tahapan pengujian dengan seluruh stakeholder. Di sana ada kementrian perhubungan termasuknya dewan transportasi kota jakarta, NGO dan juga ada masyarakat transportasi dan komunitas skuter sendiri,” pungkas Syafrin.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads