alexametrics

Menkeu Optimistis Adanya Varian Delta Tak Surutkan Pertumbuhan Ekonomi

25 Oktober 2021, 14:10:46 WIB

JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III akan lebih baik dari proyeksi sebelumnya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku, meskipun ekonomi tanah air sempat kembali terpukul karena serangan varian delta namun tidak memberikan efek cukup dalam.

Menurutnya, terdapat berbagai indikator positif yang memberikan dampak optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Sehingga, pihaknya merevisi perkiraan kuartal III tahun ini akan membaik menjadi 4,3 persen.

“Memang dibanding kuartal 2 turun, tapi kalau kuartal 3 ada delta varian yang tinggi, itu yang sebabkan ada koreksi pemulihan ekonomi di kuartal 3. Namun koreksinya tidak terlalu dalam bisa bertahan,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (25/10).

Dengan demikian, kata Sri Mulyani, secara keseluruhan tahun ini pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 4 persen. Sebab, kinerja pada kuartal 4 mendatang akan berpotensi kembali mengalami kenaikan bahkan dapat berjalan normal.

Selain itu, keseimbangan kenormalan ekonomi juga didorong dari faktor eksternal yaitu kembali berjalannya aktivitas perekonomian luar negeri seperti AS, Tiongkok, dan beberapa negara Eropa.

“Overall tahun ini pertumbuhan 4 persen, kuartal 3-4,3 persen” ucapnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads